Songsong Indonesia Emas, Pemerintah Siapkan Grand Design Manajemen Talenta Nasional

Kamis, 10 Maret 2022 - 10:46 WIB
loading...
Songsong Indonesia Emas, Pemerintah Siapkan Grand Design Manajemen Talenta Nasional
Wakil Presiden Maruf Amin mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan grand design untuk Manajemen Talenta Nasional 2022-2045. FOTO/TANGAKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden(Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan grand design untuk Manajemen Talenta Nasional 2022-2045. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pembentukan Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional.

"Berdasarkan Keppres tersebut, tahun ini kita ingin memiliki Grand Design Manajemen Talenta Nasional tahun 2022-2045. Keppres juga memandatkan Gugus Tugas untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk perguruan tinggi," ujar Ma'ruf pada Dialog Nasional Manajemen Talenta Nasional Indonesia Emas 2045 yang disiarkan YouTube Universitas Andalas, Kamis (10/3/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Keppres tersebut telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Melalui Manajemen Talenta, pemerintah berupaya menyiapkan ekosistem bagi tumbuhnya talenta unggul.



"Utamanya di tiga fokus bidang, yaitu bidang riset dan inovasi, seni budaya, dan olahraga," kata Ma'ruf.

Wapres menjelaskan bahwa Manajemen Talenta menuntut adanya sebuah proses yang sengaja didesain, mulai dari persiapan, pencarian, pemeliharaan, hingga pengembangan talenta-talenta di Indonesia.

"Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana mempertemukan talenta-talenta tersebut dengan bidang-bidang yang sesuai sehingga talenta dapat menghasilkan kemajuan, baik bagi individu, organisasi, hingga negara," katanya.

Baca juga: Muktamar Pemikiran untuk Menggapai Indonesia Emas
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)