Saudi Hapus Karantina dan Tes PCR, Biaya Umrah Berpotensi Turun

Rabu, 09 Maret 2022 - 11:35 WIB
loading...
Saudi Hapus Karantina dan Tes PCR, Biaya Umrah Berpotensi Turun
Harga paket umrah dimungkinkan kembali normal setelah Pemerintah Arab Saudi mencabut aturan karantina dan tes PCR bagi warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke negaranya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harga paket umrah dimungkinkan kembali normal antara Rp20 juta-Rp24 juta setelah Pemerintah Arab Saudi mencabut aturan karantina dan tes PCR bagi warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke negaranya. Sebelum ada pelonggaran protokol kesehatan di Saudi, biaya umrah berkisar Rp30 juta-Rp35 juta.

"Dengan dihapuskan karantina dan swab PCR tentu akan ada komponen yang turun. Kalau (travel) mengatur sendiri mulai dari awal antara Rp3 sampai Rp4 juta. Termasuk jika nanti Indonesia mengikuti Saudi, itu normal," kata Wakil Ketua Umum Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umrah Haji (AMPUH), Tri Winarto kepada MNC Portal, Rabu (9/3/2022).

Pencabutan kebijakan karantina dan tes PCR juga berdampak kepada pihak travel yang mana kini mereka bebas mengatur pemberangkatan jemaah umrah ke Tanah Suci. Travel tidak lagi diatur oleh maskapai penerbangan terkait karantina di Arab Saudi.



"Bagi travel tentu ini sangat menggembirakan karena karantina di Saudi diatur oleh maskapai dan sangat mahal. Jadi dengan adanya penghapusan ini travel bisa mengatur sendiri berapa waktu dia (jamaah) tinggal di Mekah dan Madinah," kata pemilik travel PT Firdaus Mulia Abadi Tour ini.

"Jadi tentu dengan satu pintu/mitra muassasah di Saudi, maka pengaturannya mudah. Kita bisa mengatur langsung seperti saat normal sehingga harga bisa ditekan," katanya.

Waketum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Muhammad Azhar Gazali mengatakan hal yang sama. Penghapusan karantina dan tes PCR adalah kabar gembira karena jamaah umrah dapat langsung menjalankan ibadah.

"Alhamdulillah kita tentu saja menyambut gembira dihapusnya karantina dan juga swab di Saudi. Sehingga tidak ada karantina selama beberapa hari di hotel dan langsung bisa melaksanakan ibadah," katanya.

Baca juga: Larangan Umrah Siap Dicabut, Umrah akan Dilakukan Secara Bertahap
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)