Tanwir Pemuda Muhammadiyah, Jokowi: Pemuda Harus Siapkan Diri untuk Masa Depan

Sabtu, 05 Maret 2022 - 10:57 WIB
loading...
Tanwir Pemuda Muhammadiyah, Jokowi: Pemuda Harus Siapkan Diri untuk Masa Depan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kegiatan tanwir II Pemuda Muhammadiyah yang resmi digelar di Jambi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kegiatan tanwir II Pemuda Muhammadiyah yang resmi digelar di Jambi. Dalam perhelatan tanwir Pemuda Muhammadiyah kali ini, bertemakan Gerakan Pemuda Negarawan.

Baca juga: Muhammadiyah Minta Pemerintah Proaktif untuk Perdamaian Rusia-Ukraina

Presiden Jokowi membuka kegiatan tanwir melalui sambungan teleconference. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Ratu Convention Center Jambi, Jokowi sampaikan apresiasi kepada Pemuda Muhammadiyah dalam ikhtiarnya tetap berkarya meski dalam situasi pandemi.

"Pemuda Muhammadiyah harus menyiapkan diri untuk mengantisipasi masa depan, menyiapkan kader-kader yang unggul, lincah dan adaptif dengan perkembangan teknologi," pesan Jokowi, Jumat (4/3/2022) malam.

"Mampu beradaptasi cepat dengan emerging knowledge, emerging skills, dan emerging jobs. Tapi tetap memiliki akar kepedulian yang tinggi terhadap masalah-masalah keumatan, kemasyarakatan dan kebangsaan," tambahnya.

Selain itu, Jokowi mengimbau kepada seluruh kader Pemuda Muhammadiyah agar menjadi solusi bagi bangsa Indonesia.

"Saya mengajak Pemuda Muhammadiyah dengan semangat amar makruf nahi munkar bukan hanya menjawab dan memberikan solusi bagi problematika masyarakat hari ini, tapi juga bersama-sama membangun fondasi bagi Indonesia masa depan," kata Jokowi.

Di lain kesempatan, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menyebut bahwa Pemuda Muhammadiyah sebagai kepanjangan tangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki tugas khusus menghimpun, membina dan menggerakkan potensi pemuda Islam menjadi bibit-bibit negarawan.

"Selain membina Pemuda Islam, Pemuda Muhammadiyah memiliki mandat untuk memastikan nasib bangsa berada dalam kondisi yang baik. Memberikan energi positifnya bagi kebaikan agama, umat, bangsa dan negara," ujar Cak Nanto menuturkan.

Seperti diketahui, Tanwir II Pemuda Muhammadiyah diikuti 150 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti melalui zoom, kemudian dihadiri langsung oleh Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Gubernur Jambi Al Haris, unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jambi Suhaimi Chan.

"Mudahan-mudahan Tanwir ini melahirkan negarawan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," ujar Gubernur Jambi, Al Haris berharap.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)