Ukraina Harap Muslim Indonesia Tidak Terprovokasi Propaganda Rusia

Kamis, 03 Maret 2022 - 23:14 WIB
loading...
Ukraina Harap Muslim Indonesia Tidak Terprovokasi Propaganda Rusia
Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamia-Nin meminta umat muslim Indonesia untuk tidak terprovokasi adanya isu miring yang beredar luas. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Tindakan invasi militer yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina menjadi perhatian khusus dunia. Pasalnya, dalam perang yang terjadi di era modern ini, selain membuat korban jiwa dan beredar isu miring yang melibatkan agama.



Terkait adanya isu miring tersebut, Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamia-Nin meminta umat muslim dunia, khususnya masyarakat Indonesia untuk tidak percaya atau jangan terprovokasi adanya isu miring yang beredar luas.

Menurut Vasyl Hamia-Nin, tindakan agresi berbahaya yang dilakukan oleh diktator Rusia Putin terhadap Ukraina terus membawa kesedihan, kehancuran dan air mata, hingga menewaskan ribuan orang tak bersalah.

Dengan adanya invasi Rusia, membuat tidak tinggal diam. Bahkan melakukan perlawanan terhadap agresi tersebut dan telah menyatukan bangsa Ukraina menjadi satu bersaudara.

"Orang Ukraina dan Tatar, Kristen dan Muslim berjuang bersama membela Tanah Air dari penjajah. Mufti Ukraina dan Mufti Krimea juga telah menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk mendoakan agresi Rusia yang sungguh kejam," Kata Vasyl Hamia-Nin melalui keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).



Vasyl Hamia-Nin juga mengatakan jika Rusia tidak hanya menyerang Ukraina di medan perang, dengan menggunakan bom, tank, dan rudal. Namun, serangan Rusia dimulai dengan menyebarkan propaganda yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal ini bertujuan untuk merusak persatuan umat Islam di seluruh dunia, dengan membuat pesan-pesan palsu nan provokatif kemudian membagikannya di media sosial. Tujuannya adalah untuk menanam bibit amarah di hati saudara-saudari Muslim terhadap Ukraina.

"Di era teknologi modern dan terutama selama berlangsungnya perang, pesan dan informasi seperti itu menjadi viral, sehingga mencemarkan hati orang-orang dengan kebencian dan kegeraman," tutur Vasyl Hamia-Nin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)