Survei: Ungguli Anies Baswedan dan Prabowo, Elektabilitas Ganjar Belum Aman

Rabu, 02 Maret 2022 - 19:09 WIB
loading...
Survei: Ungguli Anies Baswedan dan Prabowo, Elektabilitas Ganjar Belum Aman
Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas berdasarkan hasil survei elektabilitas capres 2024 yang dilakukan DTS Indonesia. Ganjar disusul Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil menduduki peringkat teratas berdasarkan hasil survei elektabilitas calon presiden ( capres) 2024 yang dilakukan DTS Indonesia. Hasilsurveimemperlihatkan bahwa Ganjar mengungguli Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif DTS Indonesia, Ainul Huda menyampaikan bahwa temuan ini terlihat ketika pihaknya melakukan survei dengan skema tiga nama. Diketahui, ketiganya merupakan tokoh nasional yang digadang-gadang berpeluang maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pada skema 3 nama capres, tiga kandidat dengan elektabilitas terkuat adalah Ganjar Pranowo (35,1%), Anies Baswedan (26,4%), dan Prabowo Subianto (24,7%)," kata Ainul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/3/2022).



Menariknya, meskipun elektabilitas politikus PDI-Perjuangan itu mengungguli dua pesaingnya, ternyata posisi Ganjar belum cukup aman untuk menjadi capres dominan di 2024.

"Selisih elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan mencapai 5-8%, tetapi undecided voters masih tinggi, 18-19%. Artinya, Ganjar Pranowo belum sepenuhnya dikatakan unggul dari Anies Baswedan," ujarnya.

Untuk diketahui, DTS Indonesia melakukan survei nasional secara reguler terkait pemilihan presiden 2024. Survei ini dilakukan pada minggu pertama sampai dengan minggu ketiga Februari 2022, di 34 Provinsi. Adapun, dalam survei ini DTS Indonesia melibatkan sebanyak 2.060 responden. Sementara, margin of error yang diterapkan ± 2,1%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: SMRC: Ganjar Menang Telak di Pemilih Kritis
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)