Taat Konstitusi, Politikus Gerindra Sebut Pemilu Digelar 5 Tahun Sekali

Rabu, 02 Maret 2022 - 00:08 WIB
loading...
Taat Konstitusi, Politikus Gerindra Sebut Pemilu Digelar 5 Tahun Sekali
Taat konstitusi, Politikus Gerindra Sugiono sebut pemilu digelar 5 tahun sekali. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono menegaskan partainya taat pada ketentuan dan asas konstitusional. Hal ini dikatakannya merespons munculnya wacana penundaan Pemilu 2024 .

Sugiono mengingatkan bahwa perintah konstitusi sudah jelas bahwa pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Pelaksanaan pemilu juga harus dilaksanakan secara Luber dan Jurdil.

"Gerindra akan selalu taat kepada ketentuan dan asas konstitusional. UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa pemilu dilaksanakan secara Luber dan Jurdil setiap lima tahun sekali dan itu merupakan sebuah perintah yang jelas dari konstitusi kita," kata Sugiono saat dihubungi wartawan, Selasa (1/3/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa bangsa ini sudah memilih demokrasi sebagai sistem politik. Salah satu perwujudan dari demokrasi tersebut adalah dilangsungkannya pemilihan umum secara tetap dan periodik.



Secara umum tanggapan rakyat juga menunjukkan keinginan agar pelaksanaan pemilu tersebut diselenggarakan sesuai waktu yang telah ditetapkan di tahun 2024. "Sementara pemerintah dan DPR juga sudah menyepakati bahwa tanggal pelaksanaan pemilu tersebut ditetapkan pada 14 Februari 2024," kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Sugiono menjelaskan bahwa pada waktunya Ketua Dewan Pembina yang sekaligus merupakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menyampaikan pendapat resmi Partai Gerindra. "Mengingat isu ini juga masih merupakan isu yang beredar di luar jalur formal baik di eksekutif maupun legislatif," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)