TNI AL Evakuasi Kapal Ikan Lintang Geranggali di Kuala Pendek

Senin, 28 Februari 2022 - 22:28 WIB
loading...
TNI AL Evakuasi Kapal Ikan Lintang Geranggali di Kuala Pendek
TNI AL mengevakuasi kapal ikan bernama Lintang Geranggali yang mengalami kerusakan mesin di tengah laut sekitar Perairan Kuala Pendek, Ketapang, Kalimantan Barat, Senin (28/2/2022). Foto/TNI AL
A A A
JAKARTA - Sebuah kapal ikan bernama Lintang Geranggali yang berawak sekitar dua orang dan membawa 12 penumpang mengalami kerusakan mesin di tengah laut sekitar Perairan Kuala Pendek, Ketapang, Kalimantan Barat, pada Senin (28/2/2022). Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, kejadian ini bermula ketika kapal sedang membawa orang sakit dari Pulau Padang Karimata menuju Ketapang untuk berobat.

"Kemudian saat di tengah perjalanan, kapal tersebut mengalami mati mesin total karena adanya patah crankshaft mesin," kata salah satu petugas yang melakukan evakuasi.

Salah satu penumpang kemudian mencoba untuk menghubungi dan menginformasikan kejadian yang dialami kepada Kantor SAR Ketapang dan langsung meneruskan informasi tersebut ke Lanal Ketapang. "Mendapat laporan tersebut, TNI Angkatan Laut ( TNI AL ) bersama dengan tim gabungan menerjunkan Tim SAR Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang untuk membantu mengevakuasi," ucapnya.





Setibanya di lokasi, tim gabungan langsung mengevakuasi 14 orang terdiri dari 2 awak kapal dan 12 penumpang yang merupakan warga dari Pantai Lestari, Desa Padang, Pulau Karimata. Tim medis Lanal Ketapang yang dipimpin Lettu Laut (K) dr. M. Anwar langsung berupaya mengevakuasi seluruh awak, serta penumpang yang sakit dibawa menuju ke Dermaga Ketapang.

"Setibanya di Dermaga SAR Ketapang, tim medis langsung memberikan pertolongan pertama terhadap warga yang sakit dengan menggunakan Ambulance Lanal Ketapang menuju RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang," kata Anwar.

Adapun kegiatan penyelamatan yang dilakukan oleh prajurit Lanal Ketapang sesuai Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)