Berkat Lapak Ganjar, UMKM Cokelat Rekrut Kembali Karyawan Yang Sempat Dirumahkan

Sabtu, 26 Februari 2022 - 21:07 WIB
loading...
Berkat Lapak Ganjar, UMKM Cokelat Rekrut Kembali Karyawan Yang Sempat Dirumahkan
Foto: Doc. Pemprov Jateng
A A A
SALATIGA - Ada cerita menarik dari Emma Wilyama, seorang pembuat cokelat asal Jalan Kunti RT 3 RW 6 Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Usaha yang dirintisnya sejak tahun 2010 nyaris gulung tikar akibat pandemi dan kembali bangkit berkat Lapak Ganjar.

Awalnya, ia mencoba membuka usaha pembuatan cokelat, yang sudah dikembangkan secara turun-temurun di keluarganya. Kian hari, usaha cokelatnya itu berjalan sukses.

Namun, tanpa disangka pada 2019 Covid-19 melanda dan mengakibatkan usahanya itu lesu, bahkan nyaris gulung tikar. Tiga dari lima karyawannya pun terpaksa harus dirumahkan.

"Awalnya karena keluarga memang punya usaha pembuatan cokelat, dan saya akhirnya buka sendiri sejak tahun 2010," ujar Emma, Sabtu (26/2/2022).

Dalam berproduksi, Emma mencoba terus berinovasi, terutama menciptakan berbagai rasa dan bentuk. Selain di kios-kios oleh-oleh, juga dijual secara online melalui akun instagram @kirayda_coklat.

"Sebenarnya usaha ini sudah berkembang, tapi penjualan menurun akibat pandemi. Sampai tiga karyawan kita off-kan," ungkapnya.

Namun, di tengah situasi sulit itu, Emma masih berproduksi kecil-kecilan. Hingga produk cokelatnya dipromosikan lewat Lapak Ganjar, ajang promosi online yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Nah, setelah ikut Lapak Ganjar penjualannya naik, permintaan naik," tuturnya.

Kenaikan permintaan itu membuatnya kembali merekrut dua karyawannya yang sempat dirumahkan, untuk kembali bekerja.

"Yang off tiga orang. Yang dua kita rekrut lagi dan yang satu sudah buka usaha sendiri," ucapnya.

Menurutnya, Lapak Ganjar menjadi ruang promosi bagi UMKM, dan peluang untuk berkembang.

"Saya berterima kasih kepada Pak Ganjar. Karena di tengah kesibukannya sebagai Gubernur masih mau mengurusi UMKM kecil," tandasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)