Muncul Relawan Ganjar di Jabar, Pengamat: Potensial Naikkan Elektabilitas

Selasa, 22 Februari 2022 - 16:58 WIB
loading...
Muncul Relawan Ganjar di Jabar, Pengamat: Potensial Naikkan Elektabilitas
Menjelang Pilpres 2024, sejumlah relawan dari tokoh-tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai capres 2024 bermunculan. Salah satunya relawan Ganjar Pranowo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Menjelang Pilpres 2024 , sejumlah relawan dari tokoh-tokoh yang digadang-gadang akan maju di capres 2024 bermunculan. Salah satunya relawan Ganjar Pranowo .

Deklarasi relawan Ganjar Pranowo di Jawa Barat sudah dilakukan di beberapa kabupaten dan kota mengatasnamakan Ganjar Milenial Center. Di Indramayu, Relawan GP Mania yang dipimpin Immanuel Ebezener mendeklarasikan diri dengan para petani.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan menjelaskan kemunculan relawan Ganjar di Jabar sangatlah wajar. Sebab, Pilpres 2024 semakin dekat.

"Terkait munculnya relawan-relawan dari para tokoh, wajar saja karena pilpres semakin dekat," ujar Firman saat dihubungi, Selasa (22/22022).

Firman menambahkan, deklarasi relawan Ganjar memang diperlukan. Suara di Jabar dianggapnya sangat mempengaruhi untuk bisa memenangkan Pilpres 2024. "Di mana hampir 17,5% pemilih di Jabar jika merujuk DPT (daftar pemilih tetap) 2019 lalu sebanyak 33 juta pemilih," jelasnya.

Selain potensi pemilih, relawan Ganjar juga harus meyakin masyarakat di Jabar dengan karakter masih swing voters (massa mengambang).

"Relawan Ganjar Pranowo harus terus melakukan penetrasi ke masyarakat di Jabar, dengan sosialisasi yang masif agar peningkatan popularitas dan elektabilitas terhadap Ganjar Pranowo meningkat," paparnya.

Berdasarkan hasil survei terakhir, Firman menyebut nama Ganjar masih belum mengangkat elektabilitasnya di Jabar. Oleh karena itu, munculnya relawan dapat menaikkan elektabilitasnya.

"Masih belum mengangkat karena popularitas dan elektabilitas di Jabar ini didominasi Ridwan Kamil, disusul Anies Baswedan lalu Prabowo Subianto. Ini jadi kerja keras dan PR bagi relawan Ganjar," paparnya.

Firman juga mengingatkan agar relawan melakukan sosialisasi yang bijak dan tidak menyinggung tokoh lain. "Ya jika relawan Ganjar Pranowo ini masif dan terus bergerak dengan pengenalan kemana-mana, elektabilitas dan popularitas Ganjar bisa meningkat khusus di Jabar," tandasnya.

Sebelumnya, Milenial dan mahasiswa se-Jawa Barat yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC), mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024 . Petani Kabupaten Indramayujuga deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo . Dia diharapkan bisa meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)