Duduk Bareng KSAD Dudung, Jenderal Ini Sosok Panutan hingga Pernah Disopiri Andika Perkasa

Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:47 WIB
loading...
Duduk Bareng KSAD Dudung, Jenderal Ini Sosok Panutan hingga Pernah Disopiri Andika Perkasa
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman berbincang bersama Jenderal TNI Purn Mulyono (tengah) dan Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu saat silaturahmi dengan purnawirawan TNI AD di Aula GPH Djatikusumo Mabesad, Rabu (16/2/2022). FOTO/INSTAGRAM TNI AD
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menggelar silaturahmi dengan purnawirawan TNI AD di Aula GPH Djatikusumo Mabesad, Rabu (16/2/2022). Melalui forum ini KSAD meminta masukan dari para senior demi menjalankan tugas sesuai norma.

Selain tugas-tugas TNI AD, Dudung secara khusus juga menyampaikan harapannya agar para senior memberikan solusi tepat dari para purnawirawan untuk mendukung keberhasilan dalam mengatasi permasalahan di Papua. Saat ini, TNI AD telah melakukan berbagai upaya.

Abituren Akademi Militer 1988 ini juga menyinggung jelang tahun politik tentunya akan banyak kepentingan politik, baik dari golongan maupun kelompok, yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun hal tersebut dapat dihindari dengan tetap berpegang teguh pada Bhinneka Tunggal Ika dan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.



"Saya juga memohon bimbingan dan arahan kepada para senior agar marwah Angkatan Darat tetap terjaga," ujar KSAD dalam keterangan resmi dikutip, Jumat (18/2/2022).

Hadir dalam forum silaturahmi tersebut antara lain mantan Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Staf Khusus Menhan yang juga mantan Wamenhan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin.

Ryamizard dan Agum duduk satu meja dengan Dudung. Selain mereka terdapat juga seorang purnawirawan jenderal bintang empat yang tak asing dengan Mabesad. Sosok yang duduk di sisi Dudung itu tak lain Jenderal TNI (Purn) Mulyono, KSAD periode 2015-2018.

Jenderal Rendah Hati
Duduk Bareng KSAD Dudung, Jenderal Ini Sosok Panutan hingga Pernah Disopiri Andika Perkasa

Jenderal TNI Mulyono bersama para prajurit. Foto/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE TNI ON STORY


Dalam rekam jejaknya, Mulyono dikenal sebagai jenderal yang sangat dekat dengan prajurit. Ini tak lain sikapnya yang senantiasa rendah hati. Dalam setiap kunjungan ke kesatuan, jenderal kelahiran Boyolali, Jawa Tengah itu kerap membuat prajurit kagum sekaligus 'cemas'. Betapa tidak, meski bintang empat, Mulyono kerap menghampiri prajurit Bintara atau Tamtama untuk berdiri di sampingnya. Tak hanya itu, dia juga meminta mereka merangkul dirinya.

Dalam salah satu video yang diunggah pada akun Youtube, terlihat gambaran kesederhanaan sekaligus kerendahan hati Mulyono. Tampak mantan Danmentar Akmil Magelang itu meminta prajurit tak sungkan merangkul dirinya.

Baca juga: KSAD Dudung Kumpulkan Pensiunan Jenderal TNI, Ada Sjafrie Sjamsoedin sampai Ryamizard

"KSAD juga manusia, KSAD tidak makan besi, KSAD juga makan nasi. Saya tidak ingin prajurit saya ketemu dengan KSAD takut. Rangkul saja tidak papa. Minta duit tidak papa, tak kasih kalau saya punya," ujar Mulyono sambil tertawa dalam rekaman video tersebut.

Lulusan Akmil 1983 tersebut lantas mengangkat lengan prajurit dan meletakkan di atas bahunya sambil mengepalkan tangan. "Angkatan Darat tidak bisa dipimpin dengan ketakutan tapi semangat bersama, kekuatan bersama mulai prada sampai jenderal, sampai kepala staf, jelas prjurit," ucapnya.

Duduk Bareng KSAD Dudung, Jenderal Ini Sosok Panutan hingga Pernah Disopiri Andika Perkasa

Jenderal TNI Mulyono bersama Jenderal TNI Andika Perkasa di Akmil Magelang. FOTO/TANGKAPAN LAYAR TNI AD

Momen istimewa juga pernah ditunjukkan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa semasa menjabat KSAD. Menunjukkan rasa hormat yang tinggi pada senior, Andika menyopiri langsung Mulyono dalam sebuah acara di Akmil, Magelang.

Momen ini diunggah akun resmi TNI AD di Youtube pada 23 Desember 2019. Ketika itu berlangsung upacara wisuda Perwira Tinggi Akademi Militer di Lapangan Pancasila. Jenderal Mulyono turut hadir.

Seusai upacara, Andika dan Mulyono berserta para petinggi AD berjalan menuju mobil golf yang disediakan. Mulyono bertanya siapa yang akan menyopiri. Salutnya, Andika yang langsung memegang kemudi.

Dalam perjalanan di kompleks itu lah mereka saling berbagi cerita semasa di Akmil. Tak jarang tawa berderai di antara mereka.

Untuk diketahui, Andika menjabat KSAD pada 2018-2021. Kala itu dia menggantikan Mulyono yang memasuki masa purnatugas.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1650 seconds (10.177#12.26)