Siap-siap! PKH Tahap I dan Sembako Mulai Disalurkan Pekan Depan

Jum'at, 18 Februari 2022 - 11:08 WIB
loading...
Siap-siap! PKH Tahap I dan Sembako Mulai Disalurkan Pekan Depan
Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan penyaluran bansos 2022, seperti PKH dan Program Sembako, akan dimulai pekan depan. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) 2022 pada pekan depan. Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan melalui bank mulai 21 Februari, sedangkan Program Sembako rapel Januari-Maret disalurkan melalui PT Pos mulai 22 Februari 2022.

"Bansos yang dikelola Kemensos yaitu Program Sembako dan PKH juga harus dipastikan agar diterima masyarakat sebelum bulan Maret 2022. Langkah percepatan salur seperti yang sudah direncanakan oleh Kementerian Sosial," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

Adapun bansos yang dikelola Kemendes PDTT yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa juga akan dilakukan percepatan penyalurannya. Seperti disampaikan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, penyaluran BLT Desa akan dipercepat dan dilakukan secara rapel. Upaya percepatan yang dilakukan adalah pendampingan untuk penyelesaian APBDes, khususnya kaitan batasan minimum 40% BLT desa.



"Terkait permasalahan batasan 40% BLT Desa di beberapa daerah, Kemendagri dan Kemendes agar segera berkomunikasi untuk mempercepat penyelesaiannya. Selanjutnya, BPKP juga perlu mengeluarkan petunjuk penyelesaian terkait hal ini," kata Muhadjir.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga menekankan percepatan penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP). Dia meminta penyisiran alokasi mana saja yang bisa disegerakan dan dipastikan dimanfaatkan sebagaimana peruntukannya.

Terkait hal-hal yang masih menghambat percepatan penyaluran PIP, seperti data NIK siswa yang belum padan antara Dapodik dan Dukcapil, agar segera disinkronisasi, termasuk regulasi yang perlu segera dibuat untuk penyaluran yang tidak langsung (memerlukan kuasa).

Baca juga: Terbantu PKH, Keluarga Penerima Sebut Pak Jokowi Peduli Nasib Rakyat Kecil

Menteri BUMN juga diminta memastikan kesiapan penyalur bansos, dalam hal ini bank dan PT Pos, serta melakukan evaluasi harian kinerja penyalur pada penyaluran bansos 2022 di dua pekan terakhir Februari. Terhadap bansos 2021 juga diminta untuk segera dituntaskan.

"Untuk Himbara dan BSI bersama pemerintah daerah harus segera menyelesaikan bansos 2021 yang belum salur dan memastikan paling lambat Februari 2022 ini dapat turut diselesaikan," kata Muhadjir.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8204 seconds (0.1#10.140)