Ngeri! Kapal Selam Scorpene Mampu Capai Kedalaman 300 Meter dan Bawa 30 Ranjau Laut

Senin, 14 Februari 2022 - 05:43 WIB
loading...
Ngeri! Kapal Selam Scorpene Mampu Capai Kedalaman 300 Meter dan Bawa 30 Ranjau Laut
Scorpene bukanlah kapal selam sembarangan. Alutsista ini dilengkapi dengan 4 generator diesel yang memiliki daya 2.500 kw. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sudah mempersiapkan pembelian dua kapal selam Scorpene buatan Prancis. Rencana itu masuk dalam salah satu kesepakatan antara Naval Grup dengan PT PAL.

Hal itu bersamaan dengan penandatanganan kontrak pembelian 6 unit jet tempur Dassault Rafale Prancis dari total keseluruhan 42 unit.



"Kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan Naval grup dari Prancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ujar Prabowo.

Rencana pembelian dua unit alutsista itu telah termasuk Air Independent Propulsion (AIP), persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan. Termasuk juga latihan pengoperasian.



Dilansir dari infografis Kementerian Pertahanan (Kemhan), Senin (14/2/2022), ternyata Scorpene bukanlah kapal selam sembarangan. Alutsista ini dilengkapi dengan 4 generator diesel yang memiliki daya 2.500 kw.

Scorpene mampu menampung sebanyak 32 kru dan memiliki berat keseluruhan mencapai 1500 ton. Tak hanya itu, Scorpene juga mampu menyalam hingga kedalaman 300 meter di bawah permukaan laut.

Ngeri! Kapal Selam Scorpene Mampu Capai Kedalaman 300 Meter dan Bawa 30 Ranjau Laut


Saat masih di dalam air, Scorpene mampu melakukan dengan kecepatan 20 knots atau setara dengan 37 kilometer per jam. Sedangkan ketika berada di permukaan air, laju dari Scorpene adalah 12 knots atau 22 kilomter per jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)