Terus Keluarkan Guguran Lava, BPPTKG Sebut Aktivitas Gunung Merapi Masih Tinggi

Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:41 WIB
loading...
Terus Keluarkan Guguran Lava, BPPTKG Sebut Aktivitas Gunung Merapi Masih Tinggi
Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan saat ini aktivitas Gunung Merapi masih tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan saat ini aktivitas Gunung Merapi masih tinggi. Bahkan, hingga saat ini masih terus mengeluarkan guguran lava.

“Jadi Merapi saat ini masih terus mengeluarkan guguran lava, gitu ya. Jadi aktivitasnya terus masih berlangsung,” kata Hanik secara virtual, Jumat (11/2/2022).

Hanik mengatakan aktivitas Merapi terakhir mengeluarkan awan panas pada 6 Februari sebanyak 3 kali sehari. “Kita lihat bahwa sumber dari aktivitasnya itu adalah di kubah barat daya. Jadi memang aktivitas itu terus dominannya yaitu ke arah barat daya. Jadi kalau kita lihat dari thermal camera nya kita ya, masih menunjukkan bahwa memang aktivitas itu lebih dominan ke arah barat daya,” ungkap Hanik.



Berdasarkan data-data, kata dia, dalam bulan ini kejadian guguran rata-rata mencapai 126 kali per hari dengan jarak luncur maksimum 2 Km dan dominan ke arah ke Bebeng.



“Dan kejadian awan panas sebanyak 9 kali luncurannya ya dan juga masih ke Bebeng. Beberapa kali awan panas itu dipicu adanya curah hujan yang tinggi di puncak gitu ya. Jadi ada hujan kemudian ada awan panas ya,” ungkap Hanik.

Hanik menambahkan, intensitas erupsi Gunung Merapi saat ini masih fluktuatif namun intensitasnya masih tinggi.

“Kemudian dari energinya, energi awan panas itu juga intensitasnya masih pada masa erupsi-erupsi seperti ini ya ini masih cukup tinggi ya. Memang naik turun, fluktuatif, namun ini masih intensitas yang tinggi,” ucapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)