Bamsoet Minta Kemenkes Siaga Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Jum'at, 04 Februari 2022 - 15:00 WIB
loading...
Bamsoet Minta Kemenkes Siaga Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Kesehatan agar siaga dan responsif dalam mengantisipasi potensi ledakan gelombang ketiga Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar siaga dan responsif dalam mengantisipasi potensi ledakan gelombang ketiga Covid-19 . Gelombang ketiga Covid-19 diprediksi terjadi pada pertengahan Februari 2022.

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera mempersiapkan jajarannya untuk menghadapi kemungkinan terjadinya ledakan atau gelombang ketiga Covid-19," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini melalui pesan singkatnya, Jumat (4/2/2022).

Untuk mengantisipasi ledakan gelombang ketiga Covid-19, Bamsoet meminta agar Kemenkes mempersiapkan sarana dan prasarana terkait. Kemudian juga memperkuat upaya 3T yakni testing, tracing, dan treatment. "Serta juga menggencarkan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan booster hingga ke seluruh wilayah Indonesia," imbuhnya.





Dia juga mengusulkan agar ada upaya preventif pemerintah dalam melakukan penguatan pengawasan dan pencegahan Covid-19. Salah satunya, dengan menerapkan kembali sistem bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan sekolah daring.

"Meminta pemerintah memastikan perkantoran menggunakan sistem work from home dan work from office sebagaimana telah ditetapkan, dan juga untuk persekolahan agar mengevaluasi kembali kebijakan kapasitas 100 persen, mengingat kondisi varian baru virus Corona saat ini yang cukup mengkhawatirkan," katanya.

Mantan Ketua DPR RI ini juga meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Sebab, itu semua kunci utama untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19.

"Meminta juga pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, memperkuat sistem kesehatan di Indonesia, dengan memastikan rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat/puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya memiliki tenaga kesehatan yang mumpuni," ujar politikus Partai Golkar ini.

Kemudian, lanjut dia, sarana, prasarana, dan obat-obatan Covid-19 yang memadai, serta juga memastikan layanan kesehatan tersebut dapat menangani pasien non-Covid-19 secara maksimal. Tak hanya itu, dia juga berharap pemerintah memperketat akses masuk dari dan ke luar negeri.

Terutama, kata dia, mengenai persyaratan dan prosedur karantina Covid-19, serta memastikan proses skrining kesehatan dapat mendeteksi varian-varian baru virus Covid-19. "MPR juga meminta pemerintah memperketat prosedur kepulangan Tenaga Kerja Indonesia/TKI dari luar negeri, guna memastikan mereka bersih dari paparan virus corona," ungkapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4683 seconds (0.1#10.140)