Jokowi Motoran Bareng Luhut dan Sandiaga Uno di Kabupaten Toba

Rabu, 02 Februari 2022 - 18:25 WIB
loading...
Jokowi Motoran Bareng Luhut dan Sandiaga Uno di Kabupaten Toba
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). FOTO/INSTAGRAM @jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Kabupaten Toba , Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Mereka berkendara menembus wilayah sekitar Danau Toba sejauh 11 kilometer.

Hal ini diketahui dari unggahan Presiden Jokowi di akun resmi Insagramnya, Rabu (2/2/2022) sore. Jokowi terlihat naik motor Kawasaki W175 berwarna biru dengan mengenakan jaket lokal bertema G20 Indonesia lengkap dengan helm hitam dan masker warna cokelat.

"Dari Simpang Sibisa di Kabupaten Toba, saya mengendarai Kawasaki W175 menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat di Kabupaten Simalungun. Ikut pula Pak Luhut, Pak Basuki, dan Pak Sandiaga bersepeda motor sejauh sebelas kilometer," tulis @jokowi pada keterangan foto unggahannya di Instagram.



Menurut Jokowi, jalan yang dilewati lumayan mulus meski ada beberapa titik yang masih sedikit bergelombang. Kondisi jalannya juga kelak-kelok tidak seperti jalan bypass Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dijajalnya beberapa waktu lalu. Meski begitu, Jokowi cukup menikmati udara di sekitar Danau Toba.

"Udara yang berhembus di sekitar Danau Toba ini segar sekali. Jalannya lumayan mulus, meski di beberapa tempat masih ada yang bergelombang sedikit-sedikit. Jalurnya berkelok-kelok, tidak seperti jalan bypass Mandalika yang saya jajal beberapa waktu lalu," katanya.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan dan jembatan Balige By Pass (lingkar luar) di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Peresmian jalur sepanjang 9,8 km tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Negara di kawasan dekat Jembatan Soposurung.

Jalur Balige By Pass dibangun dengan APBN sebesar Rp176,60 miliar, sepanjang 9,8 km, berada di bagian hulu Kota Balige, Ibu Kota Kabupaten Toba. Selain ruas jalan, juga dibangun empat jembatan serta infrastruktur penanganan longsoran sepanjang 105 meter.

Baca juga: Presiden RI ke Danau Toba, 1.653 Pasukan Gabungan Disiagakan di Simalungun

Empat jembatan yang dibangun di sepanjang jalur Balige By Pass yakni di perlintasan Sungai Aek Haluan sepanjang 30 meter, Aek Bolon (35 meter), Soposurung (35 meter), dan Jembatan Aek Hinalang sepanjang 7 meter.

Selain mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Balige, jalan ini juga bermanfaat sebagai jalur alternatif distribuai logistik, membuka peluang pengembangan sektor perekonomian serta mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba.

Usai meresmikan jalur Balige By Pass, Jokowi bertolak menuju Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, dilanjutkan peresmian Pantia Bebas Parapat (Simalungun) dan Pelabuhan Ajibata (Toba).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)