Polri Tegaskan Seragam Satpam Baru Masih Transisi, Belum Langsung Diberlakukan

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:27 WIB
loading...
Polri Tegaskan Seragam Satpam Baru Masih Transisi, Belum Langsung Diberlakukan
Personel Satpam dengan seragam barunya berbaris pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). FOTO/ANTARA/Galih Pradipta
A A A
JAKARTA - Satuan Pengamanan ( Satpam ) telah mengenakan seragam baru berwarna krem saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri , Jakarta Selatan. Perubahan warna seragam ini dilakukan karena adanya keluhan mirip dengan seragam polisi.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, seragam baru Satpam tersebut masih bersifat transisi. "Iya masih transisi (seragam Satpam baru)," kata Dedi di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022).

Dedi menjelaskan, terkait seragam Satpam yang baru tersebut akan mulai diberlakukan secara aktif setelah dikeluarkannya Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol).



"Secepatnya, itu sudah melalui kajian akademik dan cukup komprehensif dan secepatnya akan dilakukan revisi," ujar Dedi.

Diketahui, warna seragam Satpam kembali diganti dari cokelat muda menjadi krem. Polri sebagai pembinaan profesi itu kini sedang melakukan pengkajian terkait perubahan tersebut.

Warna seragam cokelat muda sendiri sebenarnya belum terlalu lama diterapkan. Pasalnya, Perubahan seragam Satpam itu diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Baca juga: Resmi, Ini Penampakan Seragam Baru Satpam

Kapolri Jenderal Idham Azis kala itu, menginstruksikan perubahan seragam Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi warna cokelat muda. Seragam baru satpam ini serupa dengan seragam kepolisian lengkap dengan pangkatnya di pundak.

Kebijakan pun bakal diubah. Pasalnya, perubahan warna seragam satpam tersebut karena adanya masukan dan keluhan dari masyarakat yang sulit membedakan antara satpam dan personel kepolisian.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)