Benarkah Seragam Satpam Mirip dengan Polisi India? Cek Faktanya

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:08 WIB
loading...
Benarkah Seragam Satpam Mirip dengan Polisi India? Cek Faktanya
Para satpam mengenakan seragam barunya saat upacara HUT ke-41 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). FOTO/MPI/PUTERANEGARA
A A A
JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah resmi memperkenalkan seragam baru Satpam kepada publik. Bajunya berwarna krem, sedangkan celana berwarna coklat. Tidak lagi mirip dengan seragam Polri. Namun, belakangan netizen malah menyebut mirip polisi India.

Apakah memang demikian? Berdasarkan penelusuran SINDOnews, sebenarnya seragam satpam yang baru tidak terlalu mirip dengan seragam polisi India. Seragam satpam berwarna krem, sementara seragam polisi India berwarna khaki. Warna khaki adalah warna krem yang hampir menyerupai warna cokelat. Beberapa orang menyebut warna ini sebagai warna cokelat muda susu atau warna beige. Selain itu, celana Satpam di Indonesia juga masih berwarna cokelat, sedangkan celana polisi India juga berwarna khaki.

Mengutip dari dnaindia.com, warna khaki sudah identik dengan warna seragam polisi India. Warna ini telah menjadi identitas yang dikenali. Masyarakat India akan langsung mengetahui ada polisi jika melihat warna khaki meski dari kejauhan. Setiap polisi India juga sangat menyukai seragamnya.

Benarkah Seragam Satpam Mirip dengan Polisi India? Cek Faktanya

Seragam polisi India berwarna khaki. FOTO/dnaindia.com

Mengapa seragam polisi di India berwarna khaki, bukan warna lain? Begini sejarahnya. Ketika orang Inggris datang ke India, seragam Departemen Kepolisian India dulunya berwarna putih, bukan khaki. Namun seragam berwarna putih cepat kotor karena jam kerja yang panjang. Karena itu, polisi harus menghadapi banyak masalah.

Kemudian, para perwira Inggris datang dengan rencana mengganti seragam. Selama ini petugas polisi membuat pewarna yang warnanya 'khaki'. Daun teh digunakan untuk membuat warna ini, namun sekarang pewarna sintetis digunakan. Setelah itu, polisi secara bertahap mengubah warna seragam mereka dari putih menjadi khaki. Warna khaki adalah campuran kuning pucat dan coklat.

Sejak saat itu, seragam resmi Departemen Kepolisian India berubah dari 'putih' menjadi 'khaki', yang masih digunakan sampai sekarang.

Baca juga: Seragam Baru Satpam Berwarna Krem, Netizen Samakan dengan Polisi India
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)