Putranya Ditunjuk Jadi Pangkostrad, Begini Kata Ayah Mayjen Maruli Simanjuntak

Rabu, 02 Februari 2022 - 09:50 WIB
loading...
Putranya Ditunjuk Jadi Pangkostrad, Begini Kata Ayah Mayjen Maruli Simanjuntak
Darius Simanjuntak selaku ayah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak angkat bicara ditunjuknya putranya menjadi Pangkostrad oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad . Jabatan itu kosong lebih dari dua bulan setelah ditinggal Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Pengangkatan eks Pangdam IX/Udayana itu tertuang dalam SK Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022).



Darius Simanjuntak selaku ayah dari Maruli pun angkat bicara. Darius yang sudah berusia 84 Tahun itu mengaku bersyukur kepada Tuhan atas pengangkatan sang anak menjadi Pangkostrad.

"Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas diangkatnya Maruli Simanjuntak jadi Pangkostrad. Sedikitpun kami tidak menyangka karir militer anak kami sampai berada di puncak itu, karena kami ini adalah orang yang ekonominya pas-pasan," ujar Darius kepada wartawan, Rabu (3/2/2022).

Darius membeberkan bagaimana sosok putra ke-3 dari 5 bersaudara ini. Sejak masih duduk dibangku SMA, kata dia, Maruli sudah menampakkan jiwa sosial tinggi dan bela kawan.

"Kerap kali membantu temannya yang berkekurangan dan bela kawan yang teraniaya. Dia juga sering berkelahi demi membela kawan dan bela sekolah," tuturnya.

Tahun 1988, kata Darius menyambung ceritanya, Maruli mengikuti tes Akademi Militer (Akmil). Menjadi seorang perwira, aku Darius memang salah satu keinginannya dan kebetulan Maruli juga memiliki cita-cita yang sama.

"Beberapa bulan mau ikut tes, ternyata Maruli tidak bisa berenang. Terpaksa kursus berenang dulu hingga dia bisa berenang," jelasnya.

Akhirnya, selepas mengikuti tes tingkat Jawa Barat, Maruli lulus hingga sampai ketingkat berikutnya di Magelang. Di Magelang, Maruli masih cemerlang dari awal hingga memasuki babak akhir. Namun, keberuntungan belum berpihak padanya, Maruli gugur pada Pantukhir.

Setahun berikutnya, Maruli kembali mendaftarkan diri dan mengikuti serangkaian tes. Kali ini, keberuntungan telah melihatnya, di Tahun 1989 resmi menjadi seorang Perwira Akmil.

Darius pun berharap sang anak bisa mmengemban tugasnya sebagai Pangkostrad dengan baik. Pesan terakhir yang diucapkan Darius, agar Maruli selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Baca juga: KSAD Jenderal Dudung: Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjutak Dilantik Pekan Depan

"Sebagai orang tua, saya berharap Maruli mengemban tugasnya dengan baik, jiwa sosial seperti yang dilakukannya ketika menjabat sebagai Pangdam Udayana, terus dilakukan. Selalu mengandalkan dan dekat serta percaya kepada Tuhan," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)