Indonesia Tuan Rumah KTT Youth 20, LaNyalla Berharap Generasi Muda Adopsi Teknologi Baru

Minggu, 30 Januari 2022 - 15:36 WIB
loading...
Indonesia Tuan Rumah KTT Youth 20, LaNyalla Berharap Generasi Muda Adopsi Teknologi Baru
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Indonesia mampu memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 Tahun 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Indonesia mampu memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 Tahun 2022. Salah satu yang dibahas KTT Youth 20 adalah digital teknologi.

LaNyalla berharap, para generasi muda semakin bertambah ilmu dan bisa memanfaatkannya bagi masyarakat, bangsa, dan negara. "KTT Youth 20 ini momentum berharga sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia, terutama generasi mudanya. Karena banyak hal yang bisa diserap dan diadopsi yang kemudian bisa diterapkan di berbagai bidang sesuai teknologi yang berkembang," ucap LaNyalla, Minggu (30/1/2022).

Keterlibatan para pemuda yang mendirikan perusahaan rintisan start up sebagai delegasi pada KTT Youth 20, menurut LaNyalla, juga sangat tepat. Sebab, semakin meningkatnya tren start up dan unicorn di Indonesia harus diikuti kecakapan digital teknologi.

Baca juga: Kunjungi Abah Ahmad Busthomi Kawung Luwuk, LaNyalla: Indonesia Beruntung Punya Ulama dan Pesantren

"Saya lihat suatu iklim baru akan terbentuk dengan keterlibatan para pemuda pada KTT ini. Kita memerlukan pemuda yang tangguh, yang menguasai digital teknologi, karena revolusi industri akan selalu berkaitan dengan perkembangan teknologi. Maka kita harus mampu mengadaptasi teknologi untuk setiap bidang yang berkaitan dengan dunia kerja," paparnya.

Dia menambahkan, Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang banyak dan potensial. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, generasi Z sebanyak 27,94 persen dan generasi milenial sebanyak 25,87 persen.

Baca juga: 4 Isu Prioritas Ini Akan Menjadi Bahasan Pemuda di KTT Y20

"Usia ini merupakan usia produktif yang dapat menjadi peluang mempercepat pertumbuhan ekonomi. Sehingga potensi ini harus benar-benar diarahkan dengan tepat," katanya.

Meski begitu, dalam teknologi digital, LaNyalla meminta Pemerintah menyiapkan infrastruktur agar potensi besar anak muda Indonesia tersalurkan dengan baik.

"Infrastruktur digital teknologi memang harus dibangun secara merata dan meluas. Tidak hanya di barat Indonesia tapi juga menyeluruh ke kawasan timur. Agar kita menjadi pemain dan menjadi bagian penting dari masa depan dunia," ujarnya.

KTT Youth 20 merupakan wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi dan bertukar ide hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Indonesia resmi menjadi tuan rumah KTT Youth 20 pada 2022 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada Juli mendatang.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1904 seconds (10.101#12.26)