Airlangga Hartarto: Omicron Muncul Akibat Ketidakadilan Vaksin

Sabtu, 29 Januari 2022 - 20:57 WIB
loading...
Airlangga Hartarto: Omicron Muncul Akibat Ketidakadilan Vaksin
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan munculnya varian Omicron di berbagai belahan dunia akibat adanya ketidakadilan vaksin Covid-19. Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan munculnya varian Omicron di berbagai belahan dunia akibat adanya ketidakadilan vaksin Covid-19. Varian Omicron pertama terdeteksi di Afrika Selatan.

“Varian Omicron muncul akibat ketidakadilan vaksinasi Covid-19. Indonesia beruntung dengan vaksinasi Covid-19,” kata Airlangga saat memberi kuliah umum di Universitas Katolik Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (29/1/2022).

Airlangga mengaku Indonesia bakal membawa agenda bidang kesehatan pada gelaran G20 tahun ini. Hal ini untuk mendorong agar kesehatan global menjadi lebih inklusif.





Menurutnya, Indonesia memiliki misi untuk membawa kepentingan negara-negara berkembang, terutama pada keadilan di bidang kesehatan. Salah satunya adalah keadilan dalam akses vaksin Covid-19.

Airlangga menambahkan sebagai pemegang Presidensi G20, Indonesia akan menjadi pelopor bagi keadilan kesehatan di seluruh dunia. Ketua Umum Partai Golkar ini mengaku peran Indonesia akan mendorong negara-negara maju untuk bisa menyepakati project kesehatan global yang inklusif bagi seluruh negara.

Bukan hanya untuk negara maju, tetapi juga bagi negara berkembang dan negara miskin. Airlangga yang juga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menegaskan, Indonesia masih beruntung bisa mengejar capaian vaksinasi Covid-19 sehingga pandemi masih bisa terkendali.

Bahkan, RI berada di deretan negara-negara yang dinilai berhasil dalam program vaksinasi Covid-19. “Indonesia, India, dan Cina, menjadi negara dengan penanganan Covid-19 terbaik,” tegasnya.

Namun, Airlangga meminta seluruh masyarakat tetap bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Caranya, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan ikut menyukseskan program vaksinasi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)