Satuan Elite TNI AU Korpaskhas Berganti Nama Jadi Kopasgat, Kenapa?

Kamis, 27 Januari 2022 - 05:31 WIB
loading...
Satuan Elite TNI AU Korpaskhas Berganti Nama Jadi Kopasgat, Kenapa?
Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU resmi berganti nama menjadi Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU resmi berganti nama menjadi Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Perubahan nama satuan elite ini tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) menyampaikan penjelasan ihwal latar belakang mengapa pasukan khusus yang khas dengan baret jingga itu berubah nama.

Baca juga: Korpaskhas Berganti Nama Kopasgat, Ini Kehebatan dan Kemampuan Pasukan Elite TNI AU

Menurut Dispenau, perubahan nama tersebut bermula saat Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Organisasi Tugas Dan Jabatan di Lingkungan TNI terbit. Maka terbit juga Perpang TNI Nomor 37 tahun 2019 tentang Struktur Organisasi Tugas dan Jabatan TNI AU.

Kemudian ditindaklanjuti lagi dengan keluarnya Perpang TNI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Struktur Organisasi Tugas di Jajaran TNI AU.

Satuan Elite TNI AU Korpaskhas Berganti Nama Jadi Kopasgat, Kenapa?




Sebelumnya, pada tanggal 9 Februari 2018 dilaksanakan rapat validasi organisasi TNI AU oleh Dewan Pembentukan Organisasi TNI AU (Deporau) yang dipimpin oleh KSAU. Saat itu, KSAU masih dijabat oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Baca juga: Kodal Komando Pertahanan Udara Nasional Dialihkan ke Mabes TNI AU

Agenda rapat membahas organisasi Komando Operasi TNI AU III (Koopsau III) dan Komamdo Operasi Udara Nasional (Koopsudnas). Rapat tersebut akhirnya memunculkan rekomendasi tentang disetujuinya pembentukan Koopsau III.

Sementara untuk Koopsudnas akan dibahas pada rapat berikutnya. Pada agenda rapat Koopsudnas, dibahas penarikan Kohanudnas ke dalam TNI AU menjadi Kotamops dan Kotamabin TNI AU.

Dibahas pula rencana merubah nomenklatur Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) menjadi Koopsudnas. Perubahan nomenklatur itu tertuang dalam Perpang TNI Nomor 26 Tahun 2019 tentang Organisasi Tugas Kopasgat.

Seiring perubahan nomenklatur, juga diiringi dengan beberapa perubahan yang terkait dengan fungsi organisasi Kopasgat, yakni menyangkut fungsi organik satuan dan fungsi pembinaan kemampuan teknis. Selain itu juga ada tambahan jabatan bintang satu, yaitu Irkopasgat.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4420 seconds (10.101#12.26)