Profil Marsdya TNI Andyawan Martono, Pilot Pesawat Tempur F-16 yang Jabat Pangkoopsudnas

Selasa, 25 Januari 2022 - 07:53 WIB
loading...
Profil Marsdya TNI Andyawan Martono, Pilot Pesawat Tempur F-16 yang Jabat Pangkoopsudnas
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Marsdya TNI Andyawan Martono sebagai Pangkoopsudnas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Marsdya TNI Andyawan Martono memimpin satuan baru sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas).

Pembentukan satuan baru ini resmi tertuang dalam SK Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Andika Perkasa pada Jumat, 21 Januari 2022.

”Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI seperti diamanatkan dalam Perpres No. 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” ujar Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santoso dikutip SINDOnews Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Ini Daftar 5 Satuan Baru TNI yang Dibentuk Jenderal Andika Perkasa

Dengan jabatan barunya tersebut, Marsdya TNI Andyawan Martono yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Danjen Akademi TNI akan membawahi tiga kotama yakni, Pangkoopsud I, Pangkoopsud II dan Pangkoopsud III.

Baca juga: Prabowo soal Pesawat Tempur: Rafale Tinggal Kontrak, F-15 Masih Negosiasi



Marsdya TNI Andyawan Martono merupakan Perwira Tinggi (Pati) TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989. Pria kelahiran Malang, 30 April 1967 ini mengawali karier militernya sebagai penerbang pesawat tempur F-16 Fighting Falcon di Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Jawa Timur sejak berpangkat Letda hingga Kolonel.

Penerbang tempur yang pernah meraih 1.000 jam terbang F-16 Fighting Falcon dengan callsign “Sable” diketahui merupakan putra dari mantan Bupati Bekasi Brigjen TNI (Purn) Suko Martono. Setelah mengikuti pendidikan Sesko TNI pada 2013 karier Marsdya TNI Andyawan Martono semakin cemerlang dengan menduduki beberapa jabatan strategis seperti Danlanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru. Kemudian Pangkosekhanudnas III Makassar dan Danlanud Iswahyudi.

Tidak hanya itu, Marsdya TNI Andyawan Martono juga pernah menjabat sebagai Pangkoopsau III, kemudian Danjen Akademi TNI sebelum akhirnya kini diangkat sebagai Pangkoopsudnas.
(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2737 seconds (11.97#12.26)