4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:00 WIB
loading...
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka
Kolonel Inf Lucky Avianto dipromosikan sebagai Kapusdiklat BIN. Dia merupakan lulusan Terbaik Dikreg XLIX Seskoad (2011) dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI (2019). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gerbong mutasi perwira tinggi TNI kembali bergerak. Sebanyak 328 personel dari tiga matra mendapatkan penugasan baru.

Kebijakan mutasi jabatan dilakukan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dari jumlah ini, 10 orang menempati jabatan level bintang tiga.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam organisasi TNI. Khusus mutasi kali ini, terdapat pula 28 pati yang masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI.



"Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI (diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI)," kata Prantara, Minggu (22/1/2021).

Di matra Darat, Jenderal Andika melalui mutasi ini akhirnya mengisi jabatan Pangkostrad. Sosok yang dipercaya sebagai orang nomor satu Pasukan Cakra itu yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Maruli yang saat ini menjabat Pangdam IX Udayana mengisi kursi Pangkostrad yang selama ini dirangkap Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Seperti diketahui, pada 17 November 2021 Dudung dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD. Dengan penunjukan ini bintang emas di pundak Maruli akan bertambah satu.

Dalam mutasi kali ini terdapat pula empat lulusan terbaik Akademi Militer alias peraih penghargaan Adhi Makayasa. Salah satunya dipromosikan sebagai letjen yaitu Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Baca juga: Mutasi TNI, 3 Jenderal Eks Perisai Hidup Jokowi Promosi Bintang 3

Berikut 4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi

1. Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Cantiasa, lulusan terbaik Akmil 1990 (Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama) saat ini merupakan Pangdam XVIII/Kasuari, Papua Barat. Rekam jejaknya di militer sangat cemerlang.

Lulus dari Lembah Tidar Magelang, mula-mula dia ditempa di Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad. Di pasukan airborne tersebut, Cantiasa meniti karier dari danton hingga danki. Namun setelah itu dia berjibaku di kawah candradimuka Korps Baret Merah alias Kopassus.

Awal kariernya sebagai Wadan Sub Tim Den 81 Gultor/Kopassus. Setelah itu Cantiasa terus melejit hingga mengisi jabatan top di pasukan elite tersebut yakni Dansat 81/Kopassus pada 2010. Sinarnya makin mencorong hingga menjadi Danjen Kopassus (2019).

2. Mayjen TNI Erwin Djatniko
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Jenderal Andika juga memutasi Irdam IX Udayana Mayjen TNI Erwin Djatniko. Jenderal peraih Adhi Makayasa Akmil 1992 ini diberi mandat baru sebagai Wakil Gubernur Akmil. Penugasan ini lebih sebagai rotasi karena secara kepangkatan Erwin tetap bintang satu.

Sementara itu dua lulusan terbaik Akmil lainnya yakni Danrindam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Lucky Avianto dan Danrem 074/Wrt Surakarta Kolonel Inf Rudy Saladin. Melalui mutasi ini, mereka akan pecah bintang alias promosi brigjen.

3. Kolonel Inf Lucky Avianto
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Kolonel Inf Lucky Avianto merupakan Adhi Makayasa Akmil 1996 A Jenderal Kopassus lulusan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara ini dipromosikan sebagai Kapusdiklat BIN.

Lucky menggantikan Brigjen TNI Moch Zamroni. Nama Zamroni sempat menuai Sorotan ketika terseret dalam konflik antara Anggiat Pasaribu dengan Ibunda Arteria Dahlan.

Dalam rekam jejaknya, Lucky dikenal sebagai perwira cerdas. Dia menyandang gelar langka, yang Tak bisa semua tentara memilikinya.

Apa itu? Lucky hattrick sebagai lulusan terbaik. Selain Adhi Makayasa, Lucky merupakan lulusan Terbaik Dikreg XLIX Seskoad (2011) dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI (2019).

Dalam sejarah militer Indonesia, hanya sedikit perwira yang bisa mencapai predikat itu. Selain Lucky ada mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Budiman yang merupakan Adhi Makayasa Akmil 1978, lulusan terbaik Seskoad 1994 dan Sesko TNI 2001.

4. Kolonel Inf Rudy Saladin
4 Lulusan Terbaik Akmil Dimutasi Jenderal Andika, Nomor 3 Punya Gelar Langka

Adapun Kolonel Inf Rudy Saladin dipromosikan sebagai Danrem 061/Suryakencana, Bogor. Mantan ajudan Presiden Jokowi ini menggantikan Brigjen TNI Achmad Fauzi yang dimutasi sebagai Dirjianbang Seskoad. Achmad Fauzi pernah menuai sorotan lantaran mendatangi rumah Bahar bin Smith dan terlibat debat.

Di luar matra Darat, sesungguhnya terdapat pula lulusan terbaik dari matra Udara dalam mutasi kali ini. Sosok tersebut Marsda TNI Samsul Rizal.

Penerbang tempur F-5 Tiger ini diberi tugas baru sebagai Pangkoopsud III. Jabatan tersebut merupakan validasi organisasi dari Pangkoopsau III, yang saat ini juga dijabatnya. Rizal merupakan lulusan terbaik AAU 1990.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)