Dukungan Nahdliyin untuk Pencapresan Gus Muhaimin Terus Bergulir

Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:40 WIB
loading...
Dukungan Nahdliyin untuk Pencapresan Gus Muhaimin Terus Bergulir
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menerima dukungan Nahdliyin Sidoarjo untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.
A A A
JAKARTA - Dukungan warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk pencalonan presiden (Pencapresan) Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar terus bergulir. Gus Muhaimin-sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar-dinilai sebagai kader terbaik NU dengan pengalaman panjang dalam konstelasi politik nasional. (Baca Juga :Maju Pilpres 2024, Gus Muhaimin: Saya Diperintah Kiai-kiai)

Setelah mendapat dukungan dari warga NU (Nahdliyin) Banyuwangi, kini giliran Nahdliyin Sidoarjo yang mendeklarasikan Pancapresan Gus Muhaimin. Deklarasi tersebut dilaksanakan di sela peresmian kantor MWC NU Tulangan, Sidoarjo, Sabtu, (22/1/2022). “Kami Nahdlatul Ulama Sidoarjo, mendukung sepenuhnya Gus Muhaimin menjadi Presiden 2024. Kami yakin di bawah Gus Muhaimin indonesia akan semakinberkah jaya menuju baldatun,” demikian kutipan deklarasi yang dibacakan perwakilan Nahdliyyin Sidoarjo, Damroni Chudlori diikuti seluruh Nahdliyyin yang hadir. Deklarasi itu dihadiri oleh Rais PCNU Sidoarjo yaitu KH R Abdus Salam Mudjib, Ketua PCNU Sidoarjo KHM Zainal Abidin, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ali, serta ratusan kader NU termasuk Badan Otonom seperti Ansor, Fatayat, IPNU dan IPPNU setempat.

Menyambut dukungan tersebut, Gus Muhaimin menyatakan siap mengawal amanah para Kiai dan Nahdliyyin Sidoarjo untuk menjadi Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Gus Muhaimin menilai dukungan tersebut adalah amanah besar yang harus dia sukseskan. ‘“Tentu ini amanah besar, tadi UMKM se Sidoarjo mendukung saya untuk maju jadi presiden. Dukungan ini adalah visi, insyaallah visi NU akan jaya di masa akan datang,” kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin menambahkan, amanah itu mengingatkannya pada visi NU saat ikut serta mendirikan PKB pada 1998. Setahun setelah didirikan, tutur Gus Muhaimin, PKB ikut pemilu untuk pertama kalinya dan sukses. Bahkan dua tahun berselang mampu mengusung Gus Dur jadi Presiden. “Ini bukan hanya soal jabatan, tapi ini untuk kemaslahatan, kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Karena itu kita harus bergerak bersatu, bahu membahu, karena tantanganannya nanti semakin beragam,” tegasnya. (Baca Juga :Muhaimin Puji Peran Pasar Burung Pramuka Gerakkan Ekonomi Rakyat)

Sebelumnya deklarasi serupa juga dilakukan oleh nahdliyin Banyuwangi. Bahkan di Bumi Blambangan itu, Gus Muhaimin juga menerima dukungan dari para Gus (putra kiai) se-Tapal Kuda. Ketua PC NU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini menilai dukungan kepada Gus Muhaimin merupakan sesuatu yang wajar. Menurutnya Gus Muhaimin adalah kader NU paling berpengalaman dalam konstelasi politik nasional. Cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri tersebut pernah menduduki berbagai jabatan penting baik di level eksekutif maupun legislatif. Gus Muhaimin pernah duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI termuda dalam sejarah Indonesia. Selain itu Gus Muhaimin juga pernah duduk sebagai Menteri Ketenagakerjaan. “Bismillah kami membersamai Gus Muhaimin di 2024,” ujarnya.
(war)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)