4 Fakta Nur Afifah Balqis, Politikus 24 Tahun yang Kena OTT KPK Bareng Bupati Penajam Paser Utara

Jum'at, 21 Januari 2022 - 13:42 WIB
loading...
4 Fakta Nur Afifah Balqis, Politikus 24 Tahun yang Kena OTT KPK Bareng Bupati Penajam Paser Utara
Nur Afifah Balqis, Bendahara DPC Partai Demokrat Penajam Paser Utara, ditangkap bersama Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud. FOTO/MEDIA SOSIAL
A A A
JAKARTA - Nama Nur Afifah Balqis mencuat setelah ikut terseret dalam Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) terhadap Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud, Rabu (12/2/2022). Politikus Partai Demokrat itu masih sangat muda, baru berusia 24 tahun.

KPK sendiri telah menetapkan Nur Afifah Balqis menjadi tersangka dalam kasus suap pengadaaan barang dan jasa, serta perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022. Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan diduga menampung uang suap yang diterima Abdul Gafur.

"Tersangka AGM diduga bersama Tersangka NAB, menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan didalam rekening bank milik Tersangka NAB yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka AGM," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, 13 Januari 2022.



Nur Afifah Balqis ditangkap bersama Abdul Gafur Ma'ud dan orang kepercayaanya, Nis Puhadi alias Ipuh (NP) di sebuah mal di Jakarta Selatan. Dalam penangkapan itu KPK turut mengamankan uang tunai senilai Rp1 miliar di dalam koper. Jika dirinci, Rp950 juta merupakan duit suap yang diterima Abdul Gafur dan Rp50 juta sisanya uang pribadi Nur Afifah Balqis.

Selain itu, ditemukan pula uang yang tersimpan dalam rekening bank milik Nur Afifah sejumlah Rp447 juta yang diduga milik Abdul Gafur yang diterima dari para rekanan.

4 Fakta Nur Afifah Balqis, Politikus 24 Tahun yang Kena OTT KPK Bareng Bupati Penajam Paser Utara


Lalu bagaimana sosok Nur Afifah Balqis? Ini fakta-faktanya:

1. Biodata
Nama Lengkap: Nur Afifah Balqis
TTL: Balikpapan, 1997
Umur: 24 Tahun (2021)
Agama: Islam
Jabatan: Bendahara Umum DPC Demokrat Balikpapan

2. Politikus Partai Demokrat
Nur Afifah Balqis termasuk sosok politikus muda. Dia bergabung dengan Partai Demokrat dan terpilih sebagai Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan.

3. Dekat dengan Bupati Penajam Paser Abdul Gafur Mas'ud
Nur Afifah Balqis cukup dengan orang nomor satu di Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal itu terlihat dari unggahannya di media sosialnya. Ia kerap berfoto di depan mobil Bupati Abdul Gafur. Saat operasi tangkap tangan KPK, Nur Afifah juga sedang bersama Abdul Gafur di sebuah mal di Jakarta.

Baca juga: Viral Bupati Penajam Paser Utara Naik Jet Pribadi Bareng Istri, Begini Respons KPK

4. Kehidupan pribadi
Seperti anak muda lainnya, Nur Afifah Balqis juga senang jalan-jalan. Dari unggahan Instagramnya, Nur Afifah kerap traveling baik di dalam maupun luar negeri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)