BSSN Sebut Data yang Bocor Diperjualbelikan di Forum Gelap Bukan PeduliLindungi

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:16 WIB
loading...
BSSN Sebut Data yang Bocor Diperjualbelikan di Forum Gelap Bukan PeduliLindungi
Pengunjung saat melakukan Scan Barcode melalui aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat wajib masuk di Plaza Blok M, Jakarta, Senin (16/8/2021). Foto/Dok.MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN ) mengklarifikasi kabar data pasien Covid-19 milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diduga bocor dan diperjualbelikan di forum situs gelap (dark web). BSSN menyampaikan data yang bocor itu bukan data dari PeduliLindungi.

"Ini kami laporkan ini agak ramai memang, kemarin datanya Kementerian Kesehatan itu bocor atau kita lihat diperjualbelikan di dark web," kata Kepala BSSN Hinsa Siburian dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Dia mengungkapkan banyak pihak yang bertanya apakah data yang bocor itu adalah aplikasi PeduliLindungi. Sebab, aplikasi tersebut saat ini digunakan dalam upaya pengendalian Covid-19.





"Jadi memang banyak pertanyaan itu PeduliLindungi atau tidak? Jadi yang bocor itu bukan PeduliLindungi," katanya.

Namun, dia tak membeberkan data pihak mana yang diduga bocor itu. Hinsa hanya menyebut, setiap direktorat jenderal (Ditjen) di Kemenkes memiliki data mengenai pasien Covid-19.

"(Tapi) itu belum masuk ke BSSN. Jadi karena kita fokus untuk amankan PeduliLindungi," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3991 seconds (0.1#10.140)