Hadapi Pemilu 2024, PAN dan PBB Bahas Pembentukan Koalisi Partai Islam

Rabu, 19 Januari 2022 - 14:30 WIB
loading...
Hadapi Pemilu 2024, PAN dan PBB Bahas Pembentukan Koalisi Partai Islam
Pertemuan para petinggi PBB dan PAN di Restoran Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022) malam. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai berkoordinasi menghadapi Pemilu 2024. Sejumlah petinggi partai bertemu membahas rencana koalisi partai Islam .

Pertemuan dilakukan di Restoran Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022) malam. Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra didampingi Sekjen Afriansyah Noor hadir bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Waketum Yandri Susanto, Sekjen Edi Suparno, Ketua DPP Pangeran Khairul Saleh, dan beberapa tokoh senior PAN lainnya.

Dalam pertemuan santai itu, pimpinan kedua partai mendiskusikan kerja sama dan peluang membentuk koalisi partai-partai berbasis Islam dalam menghadapi Pemilu 2024.



Sekjen PBB Afriansyah Noor mengatakan, pertemuan tersebut tidak hanya sampai di situ, dalam beberapa hari ke depan, dua partai tersebut juga akan melakukan pertemuan dengan partai berbasis Islam lainnya, yakni PPP. Dia melihat peluang yang besar untuk ketiga partai berbasis Islam modernis itu untuk membangun kerja sama lebih erat.

"Bagaimana bentuk kerja sama ketiga partai itu sedang kita bahas dan kita rumuskan bersama. Yang penting tekad untuk bekerja sama itu telah muncul dari pucuk pimpinan ketiga partai," kata Afriansyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/1/2022).

Hal itu, kata Afriansyah, merupakan langkah maju partai-partai berbasis Islam untuk membangun kekuatan bersama. Diharapkan kekuatan politik berbasis Islam akan muncul menjadi kekuatan politik yang signifikan di masa depan.

Baca juga: Buka Peluang Koalisi Partai Islam, Golkar Tetap Sodorkan Airlangga

Afriansyah menambahkan, baik Ketua Umum PAN, PBB, dan PPP merasa optimistis kerja sama tersebut akan terwujud mengingat kesamaan orientasi politik ketiganya. Selain itu, ketiga ketua umum partai ini saling bersahabat dan memiliki hubungan sangat baik.

"Semoga ini menjadi langkah baik untuk partai berbasis Islam dalam menghadapi pemilu-pemilu mendatang. Mudah-mudahan apa yang menjadi keinginan bersama ini dapat terwujud," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)