BKSAP DPR Desak Pemerintah Buat Gerakan Internasional Lawan Israel

loading...
BKSAP DPR Desak Pemerintah Buat Gerakan Internasional Lawan Israel
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Israel kembali berencana mencaplok wilayah Palestina. Badan Kerja Sama Antar Parlemen ( BKSAP ) DPR RI mendorong pemerintah membuat gerakan internasional melawan Israel yang berencana menjalankan "Kesepakatan Abad Ini' usulan Donald Trump melalui blokade Jalur Gaza, pendudukan Masjid Al Aqsa, dan aneksasi lebih dari 30 persen wilayah Tepi Barat.

"Saya mendesak pemerintah Indonesia menginisiasi gerakan pemboikotan internasional dalam forum-forum global terhadap Israel yang berencana mempercepat 'Kesepakatan Abad Ini'," kata Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera, Kamis (11/6/2020).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai, usulan Trump dapat merusak stabilitas keamanan dan perdamaian antara Palestina dan Israel. Ini bisa memanaskan suhu negara-negara di Timur Tengah. Dia mengungkapkan Israel tidak hanya akan mencaplok wilayah Tepi Barat, tapi juga Lembah Jordan untuk pembangunan permukiman ilegal.

Dia mengapresiasi pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang telah menyurati 30 negara. Kemlu mengajak negara lain untuk menolak rencana Israel mencaplok wilayah Palestina. (Baca juga: Vaksin COVID-19 Bentuk Inhaler Siap Agustus Mendatang ).



"Respons luar biasa, tapi saya berharap pemerintah tidak boleh hanya sebatas ini. Pemerintah harus sampai buat gerakan negara-negara untuk memutus hubungan dengan Israel dari segi diplomasi, ekonomi, teknologi, dan sebagainya," ujar Mardani.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk membantu perjuangan rakyat Palestina yang sedang ditindas oleh Israel dan sekutunya. "Mari kita tingkatkan ikhtiar melalui doa-doa dan harta agar Allah SWT mempercepat kemerdekaan Palestina dari penjajahan modern Israel dan sekutunya," tuturnya.

Sebelumnya, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ismail menginformasikan tentang aksi pencaplokan wilayah yang terus dilakukan Israel di tengah pandemi Covid-19. (Baca juga: Cegah Covid-19, Bawa 4 Keperluan Pribadimu Sendiri saat ke Kantor ).
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top