BMKG Pastikan Tsunami Akibat Erupsi Gunung Api di Tonga Tidak Membahayakan Indonesia

Minggu, 16 Januari 2022 - 13:52 WIB
loading...
BMKG Pastikan Tsunami Akibat Erupsi Gunung Api di Tonga Tidak Membahayakan Indonesia
Tsunami menerjang kawasan pantai di Tonga sesaat setelah gunung berapi di bawah laut meletus spektakuler, Sabtu (15/1/2022). Foto/Twitter via 9news.com.au
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menegaskan wilayah Indonesia tidak terdampak tsunami akibat erupsi gunung api bawah laut di wilayah Tonga, Kepulauan Pasifik.Sebelumnya, dilaporkan telah terjadi erupsi gunung api bawah laut di wilayah Tonga pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 11:27 WIB dengan koordinat 20,5° LS ; 175,4° BB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa erupsi gunung api tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea, dan Australia.

"Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh PTWC, letusan gunung api tersebut menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB dengan ketinggian 67 cm dan di daerah Lombrum Manus Island, Papua New Guinea pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB dengan ketinggian 20 cm," kata Bambang dalam keterangan yang diterima, Minggu (16/1/2022).



Sementara itu, Bambang mengungkapkan dari hasil observasi di Indonesia berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh BMKG, letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia. "Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia," tegas Bambang.

Oleh karena itu, Bambang menegaskan masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Letusan Dahsyat Gunung Berapi Tonga Dirasakan Seluruh Dunia
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2865 seconds (0.1#10.140)