Jokowi Peringatkan Bongkar Muat Logistik Tim MotoGP Jangan Sampai Ada Kesalahan

Kamis, 13 Januari 2022 - 21:27 WIB
loading...
Jokowi Peringatkan Bongkar Muat Logistik Tim MotoGP Jangan Sampai Ada Kesalahan
Presiden Jokowi meninjauu persiapan pelaksanaan Mandalika MotoGP 2022 di Lombok. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunjungannya kali ini untuk menindaklanjuti evaluasi persiapan pelaksanaan Mandalika MotoGP 2022.

Dalam sambutannya dalam rapat terbatas, Jokowi meminta para menteri dan stakeholders untuk meninjau kembali aspek-aspek penting terkait persiapan sirkuit Mandalika. Aspek yang ditekankan Jokowi terutama pada persiapan bongkar muat logistik pihak official tim-tim pembalap MotoGP.

"Untuk loading dan unloading logistik bagi tim yang berlaga. Jangan sampai isu kecil-kecil seperti kemarin di superbike ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga menjadi suaranya menjadi ke arah yang negatif,” papar Jokowi via video yang diunggah akun Instagram @sekretariat.kabinet pada Kamis (13/1/2022).



Jokowi memperingatkan hal tersebut dikarenakan pertimbangan waktu yang terlampau dekat. Jokowi menekankan persiapan perhelatan MotoGP tinggal menghitung waktu sebulan lagi. ”Karena tinggal satu bulan lagi untuk persiapan pre-season test yaitu 11, 13 Februari dan dua bulan untuk MotoGP Series di 18-20 Maret 2022,” tegas Jokowi.



Kesemua permintaan Jokowi ini didasarkan pada harapannya untuk meningkatkan potensi ekonomi di sekitar Mandalika, khususnya Lombok. "Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tetapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi pada masyarakat,” tutur Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan pernyataan yang senada dengan Presiden Jokowi. Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan mengutamakan landscape Mandalika menjadi lebih indah sesuai arahan presiden. "Penataan Jalan bypass Bandara International Lombok (BIL)- Mandalika harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik,” ujar Basuki.

Dalam kunjungannya ke Mandalika, Jokowi mengendarai sepeda motor dari BIL menyusuri Jalan Bypass menuju sarana hunian pariwisata (Sarhunta) di Desa Sengkol dan finish di Sirkuit Mandalika. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dan Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)