Singa Festival Harvey Malaiholo Menjajal Panggung Politik

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:22 WIB
loading...
Singa Festival Harvey Malaiholo Menjajal Panggung Politik
Harvey Malaiholo, singa festival yang digandrungi di era 1980-1990-an kini menjadi anggota DPR dari Fraksi PDIP. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Artis penyanyi Harvey Malaiholo resmi menjadi anggota DPR. Dia dilantik menggantikan politikus PDIP Jimmy Demianus Ijie yang meninggal. Harvey menyusul Krisdayanti, penyanyi yang juga berlabuh menjadi anggota DPR dari Fraksi PDIP setelah memenangkan pemilihan anggota legislatif pada 2019.

Sebelum terjun ke politik, Harvey Malaiholo dikenal sebagai penyanyi beraliran pop jazz. Lahir di Jakarta pada 3 Mei 1962, lelaki bernama lengkap Harvey Benjamin Malaihollo memang berdarah musisi. Kakeknya adalah penyanyi Bram Titaley. Ibunya sendiri merupakan penyanyi dalam grup Titaley Sisters.

Baca juga: Penyanyi Harvey Malaiholo Dilantik Menjadi Anggota DPR Bersama PAW Haji Lulung

Harvey memulai karier musiknya pada 1970-an dengan membuat rekaman album. Dari sanalah suara merdu nan renyah Harvey semakin dikenal. Bukan hanya di studio rekaman, kemampuan Harvey pun dibuktikan di atas panggung festival. Sampai-sampai, Harvey mendapat julukan sebagai singa festival karena kerap memenangkan kompetisi.

Momentum yang tak dilupakan Harvey adalah World Popular Song Festival di Tokyo, Jepang, pada 1982. Ketika itu, dia mengalahkan Celine Dion dan Bryan Adams, dua penyanyi asal Kanada dan Inggris yang kemudian menjelma menjadi penyanyi kelas dunia.





Sepanjang kariernya, Harvey telah merilis 12 ambul solo, 10 buah album duet dan 2 album kompilasi. Lagu berjudul Begitulah Cinta yang dinyanyikan bersama penyanyi Malaysia Sheila Madjid menjadi judul album solo terakhirnya pada tahun 2000. Setelah mengeluarkan album kompilasi terakhir berjudul Harvey Malaihollo dan Teman Bintang pada 2012, Harvey perlahan mulai melirik dunia politik.

Harvey mengatakan keputusannya untuk terjun ke dunia politik karena ingin melakukan aktivitas lain di luar dunia tarik suara. Pada Pemilu 2019 lalu, Harvey mencalonkan diri sebagai anggota legislatif lewat PDIP di daerah pemilihan (Dapil) Papua Barat. Tetapi langkah Harvey tak semulus Krisdayanti. Sementara Krisdayanti yang menang di Dapil V Jawa Timur, Harvey justru kalah.
(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3006 seconds (11.252#12.26)