Bentuk Posko hingga ke Desa, Arahan Jokowi Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

Minggu, 02 Januari 2022 - 17:09 WIB
loading...
Bentuk Posko hingga ke Desa, Arahan Jokowi Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19
Berbagai kebijakan untuk menanggulangi pandemi telah dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/BPMI Setpres/Muchlis Jr
A A A
JAKARTA - Berbagai kebijakan untuk menanggulangi pandemi telah dikeluarkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). Di antaranya, membentuk Posko Covid-19 hingga ke tingkat desa dan RT.

Kebijakan ini menjadi kunci suksesnya penanganan pandemi hingga saat ini. Kerja sama hingga tingkat terendah pun bentuk kolaborasi dari berbagai lini untuk bahu-membahu menyelesaikan permasalahan pandemi.

Jokowi melibatkan seluruh stakeholder agar pandemi segera usai. Prinsip kolaborasi Jokowi ini terbukti mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di seluruh daerah di Indonesia.



Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng I Komang Adi Sujendra menuturkan, kebijakan kolaborasi yang dibawa oleh Jokowi ini mampu membawa dampak yang sangat positif.

Dia pun mengaku sangat mengapresiasi manuver Presiden Jokowi. “Strategi sudah diambil oleh pemerintah pusat yang sudah berjalan sedemikian rupa seperti pembentukan Satgas Covid-19 mulai dari nasional hingga kecamatan,” katanya, Minggu (2/1/2021).

“Alhamdulillah kalau saya melihat hasil nyata daripada upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, kolaborasi antara pusat dan daerah juga provinsi, kabupaten, dan kota sampai ke tingkat desa atau kelurahan mampu memberikan hasil yang sangat positif,” ujar Komang.

Dia menjelaskan jika parameter keberhasilan Jokowi bisa dilihat dari landainya angka pasien aktif Covid-19. Bukan hanya itu, dia juga menyebut jika angka kematian terus melandai yang patut disyukuri.

“Parameternya adalah bahwa kasus-kasus harian baru sampai saat ini terus melandai turun, kemudian kasus aktif tinggal sedikit dan angka kematian bisa ditekan,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Nikkei Asia, Indonesia di bawah komando Jokowi berhasil menjadi negara nomor satu dengan indeks penyembuhan Covid-19 se-Asean. Hal itu tak lepas dari berbagai kebijakan strategis yang diambil oleh Jokowi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)