Pamsimas Hadirkan Air Minum bagi Jutaan Keluarga Indonesia

Senin, 20 Desember 2021 - 09:06 WIB
loading...
A A A
Pada 2021 ini merupakan tahun terakhir implementasi program Pamsimas III. Selanjutnya, Pemerintah Desa dan Kabupaten dapat melaksanakan pembinaan, pengembangan dan keberlanjutan SPAMS di wilayah masing-masing melalui:
a. Pengembangan SPAMS di desa-desa Pamsimas;
b. Perluasan SPAMS di luar desa-desa Pamsimas;
c. Pembinaan kelembagaan masyarakat yang berperan dalam pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan SPAMS terbangun untuk mendukung keberlanjutan program.

Dalam penyelenggaraannya, investasi Program Pamsimas tidak hanya berupa infrastruktur terbangun, melainkan juga berupa kegiatan pemberdayaan yang berbasis masyarakat seperti adanya Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), Kelompok Pengelola SPAMS Perdesaan (KPSPAMS), dan Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan di tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Pamsimas juga memiliki ribuan fasilitator dan tenaga pendamping tingkat kabupaten dan provinsi yang berperan sebagai pendamping masyarakat dan Pemda.
Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Pemerintah Indonesia telah berkomitmen menargetkan 100 persen akses air minum layak.

Berdasarkan data BPS 2020, akses air minum layak telah mencapai 90,21 persen.
Sehingga meskipun program Pamsimas III selesai pada tahun ini, namun upaya pengembangan Sistem Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) belum selesai. Dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam membina KPSPAMS sangat berperan penting dalam mencapai 100 persen akses air minum di desa. CM
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)