Burhanudin Muhtadi: Tingkat Popularitas Airlangga Hartarto Terus Meningkat Signifikan

Minggu, 19 Desember 2021 - 17:25 WIB
loading...
Burhanudin Muhtadi: Tingkat Popularitas Airlangga Hartarto Terus Meningkat Signifikan
Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi mengatakan, tingkat tahu dan suka publik terhadap Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunjukkan tren peningkatan yang signifikan pada pengguna internet. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Tingkat kesukaan publik dan popularitas terhadap Airlangga Hartarto melesat signifikan. Hal itu terlihat dari survei Indikator Politik Indonesia, sepanjang Juli hingga September 2021 terhadap sejumlah responden dan para pengguna internet di Indonesia.

Menurut Burhanudin Muhtadi, Direktur Indikator Politik Indonesia, tingkat tahu dan suka publik terhadap Ketua Umum Partai Golkar itu menunjukkan tren peningkatan yang signifikan pada pengguna internet.

Jika pada Juli 2021, survei untuk semua responden, didapatkan angka popularitas Airlangga sebanyak 33%, sedangkan pada survei untuk pengguna internet, popularitas Airlangga di angka 40%.

Baca juga: Airlangga Hartarto Capres Teratas di Survei LSI, Relawan: Pemimpin Kerja Nyata

Saat survei kembali dilakukan pada September 2021, tingkat popularitas Airlangga meningkat menjadi 37% untuk semua responden. Adapun, khusus pengguna internet, popularitasnya naik menjadi 40%.

Menurut Burhan, popularitas dan citra personal calon merupakan konsekuensi logis dari model pemilu secara langsung. Ini merupakan faktor utama yang mendasari pilihan warga. Tidak mungkin pemilih akan memilih calon yang tidak dikenal.

"Namun pada kenyataannya tidak sesederhana itu, calon yang populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang lebih disukai atau memiliki citra personal yang lebih positif," kata Burhanudin saat menjadi pemateri di Rakornas MPO Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Minggu (19/12/2021).

Popularitas dan citra personal dibentuk oleh evaluasi publik terhadap kegiatan sosialisasi dan mobilisasi yang dilakukan, termasuk evaluasi atas kinerja selama menjabat sebagai pejabat publik.

Baca juga: Rakornas MPO Golkar, Nurul Arifin: Komunikasi Digital Penting bagi Sosialisasi Kinerja Airlangga Hartarto

"Pilihan warga ini merupakan kompleksitas atas faktor-faktor sosiologis, psikologis dan evaluasi ekonomi politik mutakhir," kata Burhanudin.

Dari survei tersebut, publik yang disurvei yang tahu kemudian didalami lagi dan menyebutkan 61,2% menyatakan suka dengan Airlangga Hartarto. Selanjutnya, dalam survei Indikator, didapatkan hasil sebanyak 63,2 persen menyatakan mereka tahu tentang Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)