Saling Klaim Dapat Dukungan PWNU, Gus Ipul: Muktamirin Nanti yang Memilih

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:12 WIB
loading...
Saling Klaim Dapat Dukungan PWNU, Gus Ipul: Muktamirin Nanti yang Memilih
Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan akan ada dua calon kuat Ketum PBNU yakni KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan KH Said Aqil Siroj (KH SAS). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua PBNU Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) menilai deklarasi pencalonan diri kembali KH Said Aqil Siroj merupakan hal yang biasa. Dengan deklarasi ini, maka akan ada dua calon kuat yang akan maju yakni KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan KH Said Aqil Siroj (KH SAS).

"Setiap kader NU yang punya kemampuan dan pendukung, punya hak yang sama untuk mencalonkan Ketua Umum PBNU. Silakan nanti muktamirin (peserta muktamar) yang akan memilih," kata Gus Ipul, Kamis (9/12).

Di Muktamar NU, Ketua Umum akan dipilih secara langsung oleh muktamirin, sedangkan Rais Aam akan dipilih melalui mekanisme Ahwa (ahlul halli wal aqdi) yaitu pemilihan secara tertutup yang dilakukan 9 kiai sepuh NU. Ketua Umum di PBNU adalah pelaksana sedangkan Rais Aam adalah pengendalinya.

Baca juga: 28 PWNU Dukung KH Said Aqil Siroj, Ini Alasannya

"Kita ingin muktamar adem. Tapi biasa di NU itu ada gegeran (beda pendapat), tapi akhirnya ger-geran (guyonan). Saat ini ada yang menginginkan ketua umum bertahan atau status quo dan menginginkan regenarasi," ujar mantan Ketua Umum GP Ansor dua periode ini.

Gus Ipul yang juga keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini menilai Kiai SAS sudah dua periode dan telah cukup waktu untuk berbuat bagi NU. "Saya sendiri menginginkan regenerasi dan Gus Yahya sangat layak meneruskan kepemimpinan di PBNU," ujarnya.

Untuk diketahui, deklarasi Kiai Said Aqil diklaim didukung beberapa Wilayah meskipun dalam beberapa foto yang beredar hanya sedikit PWNU yang hadir. Itu pun bukan ketua PWNU, melainkan hanya wakil ketua atau wakil sekretaris PWNU.

Sedangkan di lain pihak, beberapa media juga memfoto Gus Yahya yang selalu didampingi banyak Ketua PWNU. Saat Konferensi Besar di PBNU pada Selasa (7/12) malam misalnya, Gus Yahya juga tampak didampingi lebih dari 80% Ketua dan Rois Syuriah PWNU se-Indonesia.

Baca juga: Temui Rais Aam PBNU, 27 PWNU Sampaikan 3 Sikap Soal Muktamar ke-34 NU

Terkait hal ini, Gus Ipul mengatakan bahwa klaim bisa dilakukan siapa pun, tapi muktamirin yang akan menentukan di arena muktamar. "Mengklaim itu boleh tapi menghitungnya harus cermat," kata Gus Ipul.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2553 seconds (0.1#10.140)