Survei IPO: Elektabilitas Anies Tertinggi, AHY Menyodok ke 4 Besar

Minggu, 05 Desember 2021 - 17:56 WIB
loading...
Survei IPO: Elektabilitas Anies Tertinggi, AHY Menyodok ke 4 Besar
Dalam survei Indonesia Political Opinian (IPO), elektabilitas Anies Baswedan paling tinggi mencapai 21,3%. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semakin moncer sebagai calon presiden ( capres) 2024 . Dalam survei Indonesia Political Opinian (IPO), elektabilitas Anies paling tinggi, jauh meninggalkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

IPO melakukan survei tatap muka pada 29 November hingga 2 Desember 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 1.200 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei kali ini, IPO menyajikan 30 nama tokoh populer kepada masyarakat yang dianggap berpeluang untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) di Pemilu 2024. Dari survei itu, responden mengerucut lima nama yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi. Mereka adalah Anies Rasyid Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Ganjar Pranowo, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Prabowo Subianto.

Baca juga: Survei Capres 2024 Indikator Politik: Prabowo Masih Teratas, Ganjar Terus Mengejar

"Kelompok ketiga, mulai berubah Anies dengan 21,3%, Sandiaga 13,8%, Ganjar 11,6%, AHY 10,2%, dan Prabowo 8,4%," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Pemulihan Ekonomi dan Konstelasi Politik 2024', Sabtu (4/12/2021).

Sosok lainnya yang masuk adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan 7,6 persen lalu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Menurut Dedi, dalam survei di kelompok ketiga menghasilkan sejumlah nama populer ternyata merangsek naik dibandingkan dengan tokoh-tokoh lama yang ada. "Nama Anies, Sandiaga, dan Ganjar masuk, rupanya Prabowo turun drastis hingga di bawah AHY," tutur Dedi.



Baca juga: Survei Cawapres 2024: Elektabilitas Sandiaga Uno Tertinggi
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1596 seconds (10.177#12.26)