JK Imbau Pengurus DMI Siapkan Masjid sebagai Tempat Pengungsian Letusan Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 - 14:21 WIB
loading...
JK Imbau Pengurus DMI Siapkan Masjid sebagai Tempat Pengungsian Letusan Semeru
Ketua PP DMI Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh takmir (pengurus) masjid untuk ikut bergotong-royong membantu pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh takmir (pengurus) masjid untuk ikut bergotong-royong membantu pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru . Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan masjid untuk menampung pengungsi.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengurus masjid yang terdekat dari lokasi pengungsian untuk berkoordinasi dengan lembaga lainnya di lapangan untuk berperan aktif dalam membantu meringankan beban masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. Bila masjid diperlukan untuk menampung pengungsi, segera dipersiapkan dengan sebaik-baiknya," ujar Jusuf Kalla dalam siaran pers, Minggu (5/12/2021).

Pengurus pusat DMI sejak, Sabtu, 4 Desember 2021, telah melakukan koordinasi dengan pengurus DMI di wilayah Jawa Timur hingga ke Kabupaten Lumajang. Pengurus DMI Lumajang langsung bergerak ke lapangan untuk membantu pengungsian.

Baca juga: Pengakuan Korban Erupsi Gunung Semeru, Tak Ada Peringatan dan Gelap Gulita

Wakil Ketua Umum PP DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin menambahkan masjid selalu terbuka untuk kegiatan kemanusiaan, termasuk dengan bencana. Sehingga seluruh pengurus masjid di wilayah Jawa Timur siap membantu, bahkan terjun langsung ke lapangan.

"Saat ini, DMI sedang menghimpun data masjid terdekat yang aman, dan dapat dijadikan sebagai tempat penampungan pengungsi. Bila memang dibutuhkan, pengurus sudah siap membantu," ujar Syafruddin.

Sementara itu, pimpinan daerah DMI Lumajang sudah diimbau untuk mengerahkan semua PC DMI Kecamatan di Kabupaten Lumajang. Terutama wilayah yang terkena dampak erupsi gunung Semeru agar takmir dan jama'ah masjid dapat bersama-sama dan bergotong-royong membantu meringankan beban warga yang terkena dampak erupsi tersebut.

Baca juga: Tak Ada Peringatan Dini, Ahli ITB Jelaskan Penyebab Erupsi Gunung Semeru

Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Cabang Lumajang, juga sudah sampai Lokasi musibah GunungSemeru. Relawan DMI dipimpin Ustadz H Budiono. Menurut data sementara yang dihimpun oleh Pusat Pengendali dan Operasi BNPB, guguran awan panas Gunung Semeru berdampak ke enam desa di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang dan guguran abu vulkanik gunung api tersebut berdampak ke 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)