Hartanya Rp13 Miliar, Wakil Ketua KPK Nurul Gufron Ngaku Juragan Kos di Jember

Jum'at, 03 Desember 2021 - 00:33 WIB
loading...
Hartanya Rp13 Miliar, Wakil Ketua KPK Nurul Gufron Ngaku Juragan Kos di Jember
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengaku punya tiga rumah kos di Jember yang nilainya naik jauh dibanding saat dia membelinya. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua KPK Nurul Gufron menjawab ihwal kepemilikan harta yang mencapai Rp13,48 miliar per Desember 2020. Angka itu diketahui sesuai catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN ).

Menurutnya, nilai hartanya terus mengalami kenaikan lantaran ada beberapa aset yang dimiliki, salah satunya properti. "Perlu saya jelaskan aset saya kebanyakan properti tanah dan bangunan yang saya beli dari lelang negara. Selanjutnya saya renovasi dan saya jadikan rumah atau kosan, kadang saya jual kembali setelah renov," kata Nurul saat dikonfirmasi, Kamis (2/12/2021).

Gufron menjelaskan, kosan yang memiliki nilai harta tertinggi berada di daerah Jember, Jawa Timur. "Saya dijember memiliki tiga lokasi kosan yang kamarnya total sekitar 70 kamar,", ungkapnya.

Baca juga: KPK Sebut Baru 18 Persen BUMD Sampaikan LHKPN

Dia menuturkan, pada pandemi Covid-19 ini tidak dipungkiri nilai harta yang diperoleh dari usaha kosan mengalami penurunan. Kendati demikian, lanjut dia, dalam pelaporan LHKPN seluruh hartanya ikut dilaporkan.

"Saya laporkan bukan saja sebagai harga pasar rumah, namun saya laporkan sebagai rumah kosan yang nilainya bisa menjadi dua kali lipat dari harga belinya. Sehingga kenaikan LHKPN tersebut karena penyesuaian nilai harta tersebut," tuturnya.

(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1286 seconds (10.55#12.26)