27 PWNU Siap Menjadi Peserta Muktamar NU Pada 17 Desember 2021 di Lampung

Senin, 29 November 2021 - 18:52 WIB
loading...
27 PWNU Siap Menjadi Peserta Muktamar NU Pada 17 Desember 2021 di Lampung
Puluhan pimpinan Syuriyah dan Tanfidziyah dari 27 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di seluruh Indonesia sowan menemui Rais Aam PBNU Kh Miftachul Akhyar, Senin (29/11/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Puluhan pimpinan Syuriyah dan Tanfidziyah dari 27 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di seluruh Indonesia sowan menemui Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Senin (29/11/2021). Mereka menegaskan siap menjadi peserta dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung pada 17 Desember 2021.

Rombongan berasal dari PWNU Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Lalu Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Sebagai juru bicara rombongan adalah Katib Syuriyah PWNU Jatim KH Syafruddin.

Ketua Panitia Daerah Muktamar NU di Lampung KH Moh Mukri menyatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah sejak 2020. Dia akan mengerahkan segala daya upaya untuk dukung penyelenggaan Muktamar NU.

Baca juga: 27 PWNU Hari Ini Datangi PBNU Minta Muktamar NU Dimajukan

"Setelah pemerintah memberlakukan PPKM Level 3, kami selaku Panitia Daerah sekaligus Pimpinan Wilayah NU bersama 27 Wilayah Provinsi, siap mendukung dan melaksanakan Muktamar NU ke 34 pada 17-19 Desember 2021 sesuai instruksi Rais Aam PBNU," kata Kiai Mukri yang juga Rektor UIN Lampung, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, sebelum ada pertemuan dengan pimpinan PWNU hari ini, Panitia Daerah sudah memantapkan kordinasi. "Hasil koordinasi terakhir dengan Kapolda, Danrem, dan Gubernur Lampung, semuanya menyatakan Siap. Termasuk Gubernur Lampung yang sudah menyiapkan dukungan sarana, fasilitas, maupun pendanaan," katanya.

Mantan Ketua PW GP Ansor Lampung ini menampik adanya berbagai spekulasi, seakan pelaksanaan Muktamar NU tidak mungkin bisa digelar di Lampung. "Seluruh fasilitas penginapan di sejumlah hotel, maupun pelaksanaan muktamar, baik pembukaan, persidangan, maupun penutupan, kami tegaskan sangat siap untuk menyukseskan muktamar," katanya.

Baca juga: PWNU Bali Nyatakan Dukung Said Aqil, PCNU Gianyar Beri Klarifikasi

Menanggapi kedatangan para pimpinan NU dari berbagai wilayah, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dikabarkan memberikan jawaban melegakan. Ketua PWNU Sumatera Selatan Amiruddin Nahrawi mengungkapkan bahwa Rais Aam meminta Muktamar NU dilaksanakan 17 Desember 2021.

"Beliau mengatakan bahwa muktamar tetap harus diselenggarakan tanggal 17 Desember 2021. Itu persis Surat Perintah Rais Aam yang ditujukan kepada Panitia Muktamat beberapa hari lalu," kata Amiruddin mengutip Kiai Miftachul Akhyar.

Selain itu, kata Amiruddin, Rais Aam juga mengingatkan agar Muktamar NU dilaksanakan sesuai dengan aturan. "Beliau mengingatkan, muktamar harus dilaksanakan sesuai aturan, tidak menabrak AD/ART, serta penuh kedamaian dan persaudaraan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3090 seconds (0.1#10.140)