Soal Jadwal Muktamar ke-34 NU, Gus Ipul Tegaskan Tidak Ada Wacana Mundur

Senin, 29 November 2021 - 15:56 WIB
loading...
Soal Jadwal Muktamar ke-34 NU, Gus Ipul Tegaskan Tidak Ada Wacana Mundur
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf mengatakan tidak ada wacana mundur terkait penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf angkat bicara terkait surat perintah percepatan penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU menjadi 17 Desember 2021 yang terbitkan oleh Rais Aam Syuriyah PBNU KH Miftachul Akhyar. Gus Ipul, sapaan akrabnya menegaskan tidak ada wacana mundur.

"Dengan adanya surat perintah ini semestinya wacana mundur sudah tidak ada lagi. Karena wacana mundur itu serba tidak jelas, masih butuh musyawarah, masih belum bisa memberikan kepastian dan kejelasan nah itu misalnya salah satu alasan," ujar Gus Ipul saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (29/11/2021). Baca juga: Gus Ipul: Muktamar ke-34 NU Dimajukan 17 Desember untuk Menjawab Ketidakpastian

Pada kesempatan itu, turut hadir 27 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) se-Indonesia mendukung penuh keinginan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar agar pelaksanaan Muktamar ke-34 NU dipercepat. 27 PWNU adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Aceh, Sumut, Sumsel, Sumbar, Bengkulu, Lampung, Kaltim, Kalteng, Kalsel, dan Kalbar.

Selain itu, Bali, NTT, NTB, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, Maluku, Maluku Utara, serta Papua Barat

Dia menyebut Provinsi Lampung sebagai tuan rumah penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU sudah siap melaksanakannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Kalau dikatakan Lampung belum siap, tadi sudah dengar sendiri sangat siap. Nah maka itu 27 wilayah yang sudah pernah menyatakan sikap itu terus ingin berdialog pengawal ini sebagai sebuah proses yang hendaknya bisa diterima oleh semua pihak," jelasnya.



Menurutnya, 27 PWNU se-Indonesia dari awal telah sepakat Muktamar ke-34 NU dipercepat. Sehingga pada hari ini, mereka dijadwalkan bersilaturahmi ke Kantor PBNU Pusat di Jakarta.

"Iya mulai dari awal sudah sepakat. Saya kira para pengurus wilayah ingin berbicara langsung dengan Rais Aam atau mungkin dengan wilayah-wilayah lain yang belum ketemu untuk kemudian diteruskan ke PBNU. Saya kira itu salah satu proses yang baik untuk bisa dimaklumi," tandas dia. Baca juga: 27 PWNU Hari Ini Datangi PBNU Minta Muktamar NU Dimajukan

"Jadi prinsipnya 27 wilayah ini ingin mengawal bahwa Muktamar ini bisa berlangsung tanggal 17 Desember," imbuh Gus Ipul.
(kri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1281 seconds (10.55#12.26)