Ganjar Pranowo Ingin Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Minggu, 28 November 2021 - 01:26 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Ingin Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap desa menjadi ujung tombak pembangunan. Foto: Dok/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap desa menjadi ujung tombak pembangunan. Hal itu disampaikannya diMusyawarah Daerah (Musda) IPerkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) DPD Jawa Timur.

Ganjar merupakan Ketua Dewan Pembina Papdesi. Dia hadir secara virtualdan memberikan sambutan dalam kegiatan yang diadakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun," ujar Ganjar dalam sambutannya, Sabtu 27 November 2021.

Ganjar bilang, apabila desa menjadi pusat pengbangunan maka kreasi dan inovasi akan tumbuh. Dia juga berharap Musda I tersebut bisa melihat dan membahas permasalahan-permasalahan di desa.



"Mungkin problem administrasi, mungkin problem bagaimana kita berkreasi, agar desa-desa bisa berkembang. Bagaimana menggunakan anggaran desa dengan tepat, bagaimana mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan program yang ada di desa," ucapnya.

Lebih lanjut, Ganjar berpesan agar para kepala desa bisa saling bertukar ide dan gagasan. Kemudian, Ganjar juga meminta para kades memerhatikan kaum disabilitas.

"Saya titip juga para penyandang disabilitas yang ada di desa, ajak yuk mereka. Minimal didata untuk kemudian mereka bisa berpartisipasi," kata Ganjar.

Musda I Papdesi DPD Jatim ini menghasilkanKetua Papdesi DPC Mojokerto,Jurianto Bambang Siswantoro sebagai ketua terpilih. Jurianto yang jugaKades Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto ituterpilih secara aklamasi dan akan menjabat hingga 2026.

"Program ke depan kita, harus memberikan kontribusi yang baik bagi anggota kita dan masyarakat pada umumnya. Kita nanti membangun Indonesia melalui membangun desa mandiri," tutur Jurianto.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)