Menag Bertemu Gubernur Makkah Bahas Persiapan Jamaah Umrah Indonesia

Minggu, 21 November 2021 - 16:40 WIB
loading...
Menag Bertemu Gubernur Makkah Bahas Persiapan Jamaah Umrah Indonesia
Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud membicarakan persiapan jamaah umrah Indonesia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Agama ( Menag ) Yaqut Cholil Qoumas bertemu Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud di Kantor Gubernur Makkah , Minggu (21/11/2021). Kepada Khalib, Yaqut menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia juga persiapan keberangkatan jamaah umrah.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali," terang Yaqut seusai pertemuan dalam pernyataan tertulis yang diterima, Minggu (21/11/2021).

Dalam pertemuan ini, Yaqut juga menyampaikan bahwa pemerintah terus melakukan edukasi kepada calon jamaah haji dan umrah untuk berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk vaksinasi dan pelaksanaan tes PCR. Yaqut mengatakan, tes PCR akan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Kemenag Minta Arab Saudi Tak Wajibkan Jamaah Umrah Vaksinasi Booster

"Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia," tandas Yaqut.

Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Sa'ud menyambut baik kunjungan Menag Yaqut. Dia menyampaikan komitmen untuk memberikan pelayanan pada jamaah umrah dan haji Indonesia. Tetapi dia kembali menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan karena umrah dan haji 1443 H diselenggarakan masih dalam situasi pandemi.



Dalam kesempatan tersebut Khalid merespons pujian Yaqut mengenai penyebaran prinsip-prinsip Islam yang moderat oleh Pemerintah Arab Saudi. "Justru kami belajar dari Indonesia tentang moderasi beragama," timpal Khalid bin Faisal.
(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1737 seconds (10.177#12.26)