Sentil Barikade 98, Arief Poyuono: Ini Kok Pejuang Demokrasi Melarang Kritik

Kamis, 18 November 2021 - 06:32 WIB
loading...
Sentil Barikade 98, Arief Poyuono: Ini Kok Pejuang Demokrasi Melarang Kritik
Politikus Partai Gerindra Arief Poyuono. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Arief Poyuono tak setuju dengan desakan Barikade 98 agar rekan partainya Fadli Zon dipecat dari partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu. Arief Poyuono justru mengkritik organisasi masyarakat yang dipimpin oleh Benny Rhamdani itu.

Arief mengingatkan bahwa Barikade 98 diisi oleh para tokoh aktivis reformasi yang memperjuangkan demokrasi di Indonesia. Salah satunya, kebebasan memberikan pendapat dan kritik kepada pemerintah.

Arief menambahkan, kebebasan mengkritik pemerintah selama rezim Orde Baru dilarang dan dibungkam. "Nah ini kok para pejuang demokrasi dan tokoh-tokoh reformasi di Barikade 98 melarang keras kritik terhadap Kang Mas Jokowi ya," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/10/2021).



Padahal, kata Arief, Presiden Jokowi tak mempermasalahkan kritik dari siapa pun. "Paling-paling dia (Jokowi, red) tertawa terbahak-bahak kalau dikritik dah. Wong Jokowi itu seorang politisi yang sangat demokratis dan tidak alergi dengan kritik," ungkapnya.

Kemudian, Arief mengatakan Fadli Zon merupakan wakil rakyat yang tugasnya melakukan pengawasan. "Dan mengkritik pemerintah jika ada yang tidak benar," tuturnya.

Sehingga, dia tidak setuju jika Fadli Zon ingin dibungkam agar tidak lagi mengkritik pemerintah. Dia pun mengingatkan tidak ada istilah oposisi di dalam konstitusi negara ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, legislatif memiliki tugas melakukan checks and balances. "Jadi, kritik Fadli Zon itu wajar dan benar cuma salahnya dilontarkan lewat medsos, bukan lewat saluran resmi di DPR untuk melakukan kritik dan pengawasan terkait kerja-kerja presiden ya," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)