Ganjar Sebut Donor Darah sebagai Aksi Kemanusiaan Sejati

Selasa, 09 November 2021 - 15:00 WIB
loading...
Ganjar Sebut Donor Darah sebagai Aksi Kemanusiaan Sejati
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mengatakan, pendonor darah merupakan ketulusan sejati dalam aksi kemanusiaan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mengatakan, pendonor yang mendonorkan darahnya, merupakan ketulusan sejati dalam aksi kemanusiaan. Hal ini dikatakan Ganjar sebagai bentuk penghormatan tinggi kepada para pendonor sukarela.

Baca juga: Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Garda Pemuda Gelar Donor Darah dan Plasma

"Penghormatan ini kita berikan sebagai suatu rasa atau perhatian dari pemerintah kepada aksi kemanusiaan," kata Ganjar dalam keterangannya, Selasa (9/11/2021).

Donor darah lanjut Ganjar, bukan suatu aksi yang bisa diwakilkan. Maka, Ganjar menyebut para pendonor darah sukarela melakukan aksi kemanusiaan yang sejati.

"Mungkin bukan berapa kali kita berdonor, sekalipun menurut saya itu adalah aksi sejati dari perasaan yang tulus untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan," tandas Gubernur Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, Yohannes Setiyono menjadi salah satu dari puluhan pendonor sukarela yang menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah. November 2021 ini, Yohannes tercatat telah berdonor sebanyak 82 kali.

Hal ini dikatakan Yohanes usai Penyerahan Penghargaan dan Temu Donor Darah Sukarela ke-50 dan 75 kali tahun 2021, di Grhadhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran, Senin (8/11/2021).

"Saya sudah mulai sejak usia muda, mungkin umur 21 (tahun) ketika saya ikut dalam kaum muda di Gereja Gedangan. Kemudian saya pindah ke Tanah Mas, saya tetap menjadi pendonor rutin," kata Yohanes.

Yohanes berharap, ke depan makin banyak warga Jawa Tengah yang menjadi pendonor sukarela. Apalagi, kata Yohanes, PMI di daerah seringkali mengalami kekurangan stok darah.

"Harapannya makin banyak orang mau mendonorkan secara sukarela, itu yang sangat kami harapkan semakin banyak lagi," ujarnya.

Kepala PMI Jawa Tengah Sarwa Pramana melaporkan, pada kesempatan itu setidaknya ada 1.070 pendonor sukarela yang menerima penghargaan. Terdiri dari, pendonor sukarela 50 kali ada 835 orang, dan pendonor 75 kali ada 235 orang.

"Perlu kami sampaikan bahwa PMI di Jawa Tengah dapat memenuhi 97% kantong darah di RS, dan 98% pemenuhan plasma konvalesen," kata Sarwa.

Acara tersebut dihadiri masing-masing satu perwakilan pendonor dari 36 Unit Donor Darah PMI se-Jateng. Wakil Gubernur Jateng sekaligus Ketua Dewan Kehormatan PMI Jateng, Taj Yasin Maimoen juga hadir dalam acara tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)