Mualaf, Ini Momen Jenderal Andika Perkasa Disumpah di Bawah Al-Qur'an

Selasa, 09 November 2021 - 11:19 WIB
loading...
Mualaf, Ini Momen Jenderal Andika Perkasa Disumpah di Bawah Al-Quran
Andika Perkasa mengucapkan sumpah jabatan di bawah Al-Quran saat dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, 22 November 2018. FOTO/DOK.SETNEG
A A A
JAKARTA - KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa telah disetujui DPR untuk menjadi Panglima TNI. Kini hanya tinggal tunggu waktu dia dilantik oleh Presiden Jokowi.

Agama Andika Perkasa menjadi sorotan setelah beredar foto lamanya semasa menjadi Taruna Akademi Militer. Dalam potret lawas yang berseliweran di media sosial itu disebut nama aslinya Emmanuel Andika Perkasa dan beragama katolik.

Jenderal Andika diketahui telah memeluk Islam atau menjadi mualaf. Hal itu tergambar dalam pelantikan jenderal Kopassus itu sebagai KSAD di Istana Negara pada 2018.

Baca juga: Melihat Lagi Momen Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa, Kini Bakal Terulang

Mualaf, Ini Momen Jenderal Andika Perkasa Disumpah di Bawah Al-Qur'an


Berdasarkan foto yang diunggah Sekretariat Negara, Andika mengucapkan sumpah jabatan di bawah Al-Qur'an. Mantan komandan Paspampres itu tampak tegap dan khidmat menjalani prosesi tersebut.

Sebelumnya, akademisi Unas, Slamet Ginting menyebut foto lawas yang beredar di medsos benar Andika saat menempuh pendidikan di Akmil. Dia menjelaskan, data itu ketika Andika menjadi Sersan Mayor Satu Taruna.

Menjelang lulus memang ada data isian calon yang akan diwisuda menjadi Letnan Dua.

"Di situ namanya Emmanuel Andika Perkasa, agama Katolik. Nama ayah adalah FX Sunarto. Dari nama-nama itu, jelas pada saat itu memang Andika Perkasa beragama Katolik," kata Slamet Ginting dalam sebuah video wawancara dengan wartawan senior Hersubeno Arief yang diunggah di kanal Youtube Hersubeno Point, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Ditanya Calon KSAD Pengganti Dirinya, Jenderal Andika Perkasa: Yang Milih Nanti Presiden

Menurut Slamet yang juga pengamat militer itu, Andika menikah dengan Hetty Hendropriyono, putri pertama Jenderal TNI (Purn) Abdullah Mahmud (AM) Hendropiyono. Pernikahan dilangsungkan secara Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3393 seconds (0.1#10.140)