Profil Singkat Letjen Dudung Abdurachman yang Disebut Calon Kuat KSAD

Jum'at, 05 November 2021 - 14:28 WIB
loading...
Profil Singkat Letjen Dudung Abdurachman yang Disebut Calon Kuat KSAD
Letjen TNI Dudung Abdurrachman menjadi salah satu yang disebut bakal menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Letnan Jenderal ( Letjen) TNI Dudung Abdurrachman menjadi salah satu yang disebut bakal menjadi Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa/Laksamana TNI Yudo Margono dicalonkan Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI. Andika diusulkan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Tubagus Hasanuddin mengatakan, dalam tradisi pengangkatan KSAD, biasanya dipilih jenderal bintang tiga yang diangkat dari Wakasad atau Pangkostrad. "Jadi yang ada di sini memenuhi persyaratan dari kebiasaan kecuali misalnya ada petunjuk lain ya itu satu adalah Letjen Bakti Agus Wakasad dan Letjen Dudung Pangkostrad," ucap Hasanuddin, Rabu (3/11/2021).

Dudung Abdurachman saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Alumnus Akmil 1988 ini diangkat sebagai Pangkostrad sejak 25 Mei 2021 setelah dinilai sukses mengemban amanah sebagai Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya).

Baca juga: Jika Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Kans Dudung Jabat KSAD Cukup Besar

Pada November 2020, nama Dudung sempat disorot karena aksinya mencopot baliho bergambar Rizieq Shihab, yang saat itu menjadi pemimpin Front Pembela Islam (FPI). Dia beralasan, aksinya tersebut sebagai tanda bahwa semua pihak harus taat terhadap hukum yang ada di Indonesia, termasuk dalam urusan pemasangan baliho. Di saat yang sama Dudung juga melontarkan wacana agar FPI dibubarkan.

Pada Mei 2021, Mayjen Dudung kembali menunjukkan ketegasannya dengan pernyataan komitmen untuk menumpas perilaku premanisme debt collector di wilayah Jabodetabek. Hal itu disampaikan sebagai respons atas aksi para debt collector yang sudah meresahkan, di antaranya kasus perampasan mobil yang tengah dikendarai anggota TNI saat hendak mengantar orang sakit.

Berikut ini profil singkat Letjen TNI Dudung Abdurachman:

Lahir : Bandung, 19 November 1965

Baca juga: Profil Singkat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Salah Satu Calon Kuat KSAD

Pendidikan :

1985 Lulus dari SMA Negeri 9 Bandung

1988 Lulus Akademi militer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)