Banjir Bandang di Kota Batu, Kepala BNPB Minta Pemkot Antisipasi Banjir Susulan

Jum'at, 05 November 2021 - 06:44 WIB
loading...
Banjir Bandang di Kota Batu, Kepala BNPB Minta Pemkot Antisipasi Banjir Susulan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meminta Pemkot Batu mengantisipasi dari adanya potensi dampak banjir susulan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menyikapi kejadian bencana banjir bandang tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito memberikan pesan khusus kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Batu . Adapun pesan tersebut adalah beberapa hal terkait langkah penanganan yang harus diutamakan, mulai dari penyelamatan dan pertolongan korban, evakuasi warga sekitar DAS Brantas hingga antisipasi dari adanya potensi dampak banjir susulan.

Hal itu disampaikan Ganip langsung kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melalui pesan singkat mengingat berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Jawa Timur hingga Jumat (5/11/2021).

“Utamakan penyelamatan warga dan pertolongan terhadap korban. Sebagai antisipasi banjir atau hujan susulan agar warga sekitar DAS Anak Brantas dievakuasi ke tempat aman,” ujar Ganip dalam keterangan yang diterima, Jumat (5/11/2021).

Lebih lanjut, Ganip juga mendorong Pemkot Batu agar segera mendirikan posko darurat untuk koordinasi para pihak pengendalian. Dia juga meminta agar koordinasi dengan lintas terkait terus dilakukan sampai penanganan dan penanggulangan bencana banjir bandang selesai.

“Segera dirikan posko untuk koordinasi para pihak dan pengendalian,” ucap Ganip. Baca juga: Dampak Banjir Bandang Terjang Kota Batu, Lumpur dan Kayu Besar Tutup Akses Jalan

Ganip juga menambahkan bahwa BNPB akan senantiasa mendistribusikan kebutuhan logistik dan peralatan guna percepatan penanganan bencana banjir bandang Kota Batu esok hari. “Kebutuhan logistik dan peralatan BNPB besok pagi saya dorong,” tutup Ganip.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)