Dari Jarak 200 Meter, Sniper Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Selamatkan Bupati Boyolali

Jum'at, 05 November 2021 - 05:35 WIB
loading...
Dari Jarak 200 Meter, Sniper Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Selamatkan Bupati Boyolali
Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menggelar simulasi penanggulangan teroris di Kantor Pemkab Boyolali, Jawa Tengah, pada Selasa, 2 November 2021 lalu.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menggelar simulasi penanggulangan teroris di Kantor Pemkab Boyolali, Jawa Tengah, pada Selasa, 2 November 2021 lalu. Latihan ini dilakukan dengan skenario pembebasan sandera Bupati Boyolali yang ditahan dan dikuasai oleh kelompok teroris.

Simulasi dimulai dengan adanya kelompok teroris yang menyabotase acara rapat koordinasi pemerintah. Sejumlah teroris menguasai area kantor dan menyandera beberapa pejabat pemerintah.

Mengetahui hal itu, setelah mendapatkan perintah dari komando atas, Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad Letkol Inf Arif Hermad memerintahkan dua tim khusus untuk melakukan pembebasan sandera dengan. Tugas itu pun diminta dilakukan dengan senyap, cepat, dan tepat.

Operasi itu dibuka dengan melakukan serangan menggunakan empat unit kendaraan Rantis dan delapan unit sepeda motor. Adapun kekuatan personel terbagi menjadi dua tim, yaitu Tim Alfa dipimpin Letda Inf I Komang Adhi dan Tim Bravo dipimpin Letda Inf Wesly Tanaem.

Negosiasi yang dilakukan para prajurit sempat berjalan alot. Pada akhirnya sniper Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad berhasil melumpuhkan tokoh utama teroris itu dari jarak sekitar 200 meter.

Setelahnya, sandera yang ditahan oleh kelompok teroris pun berhasil diselamatkan. Mereka langsung dievakuasi menggunakan kendaraan Rantis menuju tempat aman.

Latihan simulasi pembebasan sandera ini sebagai rangkaian penutupan kegiatan latihan Pemantapan Raider, Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad. Adapun tujuannya guna meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit semakin militan dan profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)