Dihadiri Presiden Jokowi, Kongres VI IJTI Digelar di Lombok 29-30 Oktober 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:46 WIB
loading...
Dihadiri Presiden Jokowi, Kongres VI IJTI Digelar di Lombok 29-30 Oktober 2021
Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadiri Kongres VI IJTI yang digelar di Lombok, 29-30 Oktober 2021. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekitar 3.000 jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI ) akan mengikuti Kongres VI di Lombok, NTB 29-30 Oktober 2021 dengan format hybrid (offline dan online). Bertema "Semangat Sumpah Pemuda, Jurnalis Televisi Bangkitkan Negeri Pasca Pandemi Covid-19", inilah Kongres terbesar dan terpenting dalam sejarah IJTI.

Dalam kompetisi yang begitu ketat dan di tengah disrupsi media, apalagi di tengah pandemi, IJTI dituntut terus meningkatkan kualitas dan kompetensi anggotanya. Hal ini diakui Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana yang akan segera meninggalkan posisinya.

Menurut Yadi, jurnalis televisi harus cakap dan adaptif dengan perkembangan teknologi yang menuntut multitasking selain kompeten. Karena itu, IJTI bersama sejumlah organisasi pers dan elemen bangsa, termasuk KPI dan pemerintah yang lain, membangun kerangka dunia penyiaran ke depan.

Baca juga: Rumah Wakil Ketua IJTI Papua Barat Ditembak OTK, Keluarga Alami Trauma

Dalam konteks inilah salah satu agenda dalam Kongres VI IJTI di Lombok menggelar workshop bertema "Profesionalisme Jurnalis TV dan Lanskap Industri Penyiaran ke Depan". Di workshop ini, KPI dan ATVSI bersama sejumlah pemred televisi akan berbicara bagaimana lanskap industri penyiaran ke depan pasca pandemi di era disrupsi.

Tak hanya peduli dalam bidang penyiaran, Kongres VI IJTI juga ingin berperan dalam upaya pemerintah membangkitkan ekonomi khususnya di sektor pariwisata. Ada sesi kunjungan dan liputan peserta kongres ke sejumlah lokasi wisata di Lombok, termasuk Desa Adat Sade.

Ada juga workshop bertema "Positif Jurnalisme Bangkitkan Potensi Wisata Pasca Pandemi" yang menghadirkan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Gubernur NTB Zulkflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan pihak BUMN.

Sesi lain dalam Kongres adalah workshop "Tantangan Jurnalis TV di Era Digital dan Pasca Pandemi" dengan narasumber Menkominfo Johnny G Plate dan Ketua Dewan Pers M Nuh. Dalam Kongres VI IJTI yang berlangsung 29-30 Oktober 2021 ini Presiden Joko Widodo berkenan memberikan sambutan.

Baca juga: Pengumuman! Ini para Juara Lomba Karya Jurnalistik IJTI-Pegadaian 2021

Kongres yang juga dihadiri asosiasi pers yang merupakan konstituen Dewan Pers, para Pemimpin Redaksi, dan jurnalis senior ini juga akan memilih Ketua Umum yang baru perode 2021-2025.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)