Jokowi Ingatkan Kemiskinan Ekstrem Tantangan Berat di Tengah Pandemi

Minggu, 24 Oktober 2021 - 03:40 WIB
Jokowi Ingatkan Kemiskinan Ekstrem Tantangan Berat di Tengah Pandemi
Presiden Joko Widodo bersyukur penanganan Covid-19 yang selama ini dilakukan pemerintah sudah positif. Tetapi ada sejumlah persoalan besar perlu dituntaskan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bersyukur penanganan Covid-19 yang selama ini dilakukan pemerintah sudah positif. Akan tetapi kata Jokowi , ada sejumlah persoalan besar perlu dituntaskan di luar urusan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Memilukan, Hidup dalam Kemiskinan Atlet Cantik Berprestasi Ini Kini jadi Buruh Tani

Jokowi mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur penanganan pandemi di Indonesia semakin membaik. Di mana kasus aktif semakin menurun, tingkat penularan juga menunjukkan tanda-tanda melandai.

Baca juga: Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Jatim Jihad Melawan Kemiskinan

"Angka-angka kematian juga berangsur menurun," kata Jokowi di acara puncak peringatan HUT ke-57 Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Sejalan dengan membaiknya penanganan kesehatan, kata dia, perekonomian bangsa Indonesia juga mulai menggeliat bergerak ke arah positif.



"Ekonomi kita tumbuh, neraca perdagangangan mengalami surplus, purchasing manajer indeks, manufaktur juga semakin membaik," ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi melihat di samping berbagai pertumbuhan positif tersebut, bangsa Indonesia juga masih banyak memiliki agenda-agenda strategis yang harus segera dituntaskan.

"Di antaranya bagaimana kita mampu menyelesaikan kemiskinan ekstrem, bagaimana kita mendorong tumbuhnya semakin banyak lapangan-lapangan kerja baru. Bagaimana kita mampu membuat UMKM kita naik kelas, agar UMKM semakin kuat dan tangguh pasca pandemi ini," tuturnya.

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak kepada kita, pentingnya respons cepat, respons yang tepat, yang bisa menjangkau dan melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa terkecuali," ucapnya.
(maf)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.55#12.26)